alexametrics

Tol Balikpapan-Samarinda Tak Lagi Gratis per 6 Januari, ini Tarifnya

4 Januari 2020, 22:09:28 WIB

JawaPos.com – Setelah sekitar dua pekan digratiskan sejak peresmian, jalan tol Balikpapan-Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) mulai diberlakukan tarif pada Senin (6/1). Adapun besaran tarifnya yakni mulai Rp 1.000 per kilometer (Km).

“Untuk pembayaran menggunakan kartu tol elektronik (e-toll),” kata Kepala Dinas PUPR Kaltim M Taufik Fauzi, dilansir dari Antara, Sabtu (4/1).

Taufik menjelaskan, besaran tarif tersebut sudah sesuai dengan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) yang ditandatangani PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS), selaku operatol tol. Dia mengungkapkan sesuai dengan Pasal 48 ayat 2 Undang-Undang (UU) Nomor 38/2004 tentang Jalan, evaluasi dan penyesuaian tarif tol akan dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

“Kenaikannya akan disesuaikan seperti yang tertuang dalam undang-undang,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), yang merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan itu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (17/12). Tol Balsam kemudian dibuka secara fungsional untuk umum mulai Kamis (19/12).

Total panjang Tol Balsam mencapai 99,35 Km. Namun, jalan bebas hambatan yang bisa dilalui barulah Seksi 2, 3, dan 4, sepanjang 66 kilometer yang membentang dari Samboja sampai Palaran. Sementara, Seksi 1 dan 5 masih dalam tahap pengerjaan.

Berikut tarif Tol Balikpapan-Samarinda berdasarkan jenis/golongan kendaraan:

1. Kendaraan golongan I (sedan, jip, bak terbuka atau truk kecil, dan bus) sebesar Rp 1.000 per Km.
2. Kendaraan golongan II (truk dengan dua gandar) sebesar Rp 1.500 per Km.
3. Kendaraan golongan III (truk dengan tiga gandar) sebesar Rp 2.000 per Km.
4. Kendaraan golongan IV (truk dengan empat gandar) sebesar Rp 2.500 per Km.
5. Kendaraan golongan V (truk lebih dari empat gandar) sebesar Rp 3.000 per Km.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Antara


Close Ads