alexametrics

Diadopsi saat Kurus dan Jamuran, Berjuang Bikin si Manis Glowing

15 November 2020, 17:03:37 WIB

Widya Astuti berusaha memberikan gizi yang cukup pada anbulnya saat memutuskan adopsi kucing bernama Manis.

AWALNYA, Manis bertubuh kurus dan bulu-bulunya rontok karena jamuran. Setelah berbagai usaha yang dilakukan Widya, Manis akhirnya sehat dan memiliki berat badan ideal dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan.

Dulu Widya bukan seorang pencinta kucing. Bahkan, dia sempat tidak berani memegang kucing. Namun, setelah melihat para pencinta kucing di sekitarnya, dia tertarik memelihara hewan gemas tersebut.

”Pas aku lihat-lihat di media sosial, kok kayaknya kucing itu lucu dan menggemaskan. Akhirnya, aku putuskan adopsi,” kata perempuan asal Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), tersebut.

Saat memutuskan untuk mengadopsi, Widya tidak mengetahui keadaan kucingnya secara langsung. Sebab, sang majikan sebelumnya berada di luar kota. Ternyata Manis menderita gizi buruk dan jamuran di sekujur tubuhnya. Bahkan, Manis sama sekali tidak nafsu makan. Widya pun merasa bingung harus berbuat apa karena tidak terbiasa merawat kucing.

”Saat itu aku baru kali pertama sentuh kucing dan bersihin kandang kucing. Jadinya, aku cari referensi ke mana-mana,” ujar Widya.

Kali pertama diadopsi, Manis berusia 3 bulan dengan berat hanya 0,87 kilogram. Setelah mencari referensi, Widya memberikan asupan makanan pada kucingnya. Mulai dry food, wet food, snack, hingga suplemen. Widya rutin memberikan dry food tiga kali sehari pada Manis. Sesekali diselingi wet food dalam makanannya. Makanan ringan atau snack kerap diberikan beberapa kali dalam sehari.

Meski begitu, Widya sempat khawatir karena berat badan Manis belum mencapai ideal dan masih terlalu kurus. Dia lantas memberikan suplemen tambahan untuk si Manis. ”Dari situ mulai agak gemuk dalam rentang waktu tiga bulan,” ungkapnya.

Baca Juga: Drh Zuli Masfufah: Kenalkan Kucing Pakan Basah, Baru Pakan Kering

Untuk keluhan jamuran pada kulit Manis, Widya memberi obat minum yang dicampur dengan wet food. Jamur di tubuh Manis pun berangsur-angsur hilang dalam kurun waktu seminggu.

Kini Manis telah berusia 1 tahun dengan berat badan mencapai 4,42 kilogram. Manis juga terlihat aktif. Terlebih, ia sekarang memiliki teman bermain di rumah Widya, yakni si Cantik yang berusia 7 bulan. ”Manis itu sabar dan nurut banget. Jadi, ia enggak pernah agresif kalau main sama temennya,” jelas Widya.

Momen kebersamaan si Manis dan di Cantik juga kerap dibagikan di media sosial milik Widya.

SI MANIS YANG MANIS

ASUPAN MAKANAN

  • Dry food (tiga kali sehari)
  • Wet food (selingan dicampur dry food)
  • Snack
  • Suplemen

MEDIS

  • Obat jamur yang dicampur dengan wet food. Dalam seminggu, keluhan jamur mereda.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : nas/c14/tia



Close Ads