alexametrics

Persahabatan Dua Reptil di Tangan Yonatan Tjakrakusuma

Makin Jinak lantaran Punya Teman
11 April 2021, 15:48:48 WIB

Magnum dan Maguna hidup rukun meski berbeda spesies. Magnum adalah blue-tongued skink dari Halmahera. Disebut pula kadal panana. Sedangkan, Maguna ialah leopard gecko dari Pakistan. Sudah setahun ini dua reptil itu menjadi teman Yonatan Tjakrakusuma.

ONE… Two… Three… Pose!! Magnum tetap anteng saat difoto meski Maguna berada di atasnya. Kilatan flash pun tak membuat Magnum bergerak. Dia menatap tajam kamera layaknya model yang memamerkan motifnya, silver perpaduan hitam. Maguna seakan tidak mau kalah imut dengan corak kuning gradasi oranye pada bagian ekor. Tidak ada yang agresif atau saling menyerang.

’’Tapi, enggak semua leopard gecko dan blue-tongued skink jinak dan enggak agresif ya. Semua kembali ke sifat tiap individu,” kata Yonatan kepada Jawa Pos Kamis lalu (8/4).

Menurut Yonatan, umumnya kadal panana seperti Magnum cukup agresif. Sebab, Magnum memiliki gen axanthic, yakni kekurangan xanthophores yang menghasilkan pigmen kuning. Padahal, kadal lidah biru bernama latin Tiliqua gigas itu biasanya bersisik hitam dan cokelat keemasan. Karena axanthic, Magnum memiliki warna silver-hitam yang unik. Harga belinya pun lebih mahal.

’’Nah, katanya axanthic ini lebih galak. Tapi, beruntung Magnum enggak. Enggak ada tendensi untuk menggigit,” kata pria yang berkarier di bidang marketing communication dan graphic designer itu. Bahkan, ketika Yonatan mendekatkan tangannya ke kepala Magnum, reptil berukuran 55 cm itu bisa mengangkat kepalanya dengan tegak. Dia juga menurut ketika digendong di tangan atau diletakkan di pundak. Bisa jadi karena terus berinteraksi dengan manusia dan satwa lain seperti Maguna, Magnum jadi tak agresif.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : adn/c17/jun

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads