alexametrics

Hoax Prabowo Pulangkan Rizieq

27 Oktober 2019, 15:55:03 WIB

JawaPos.com – Penunjukan Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan (Menhan) dalam Kabinet Indonesia Maju mulai diikuti kabar hoax. Pria yang juga ketua umum Partai Gerindra itu disebut telah mengirim utusan untuk mengurus kepulangan Rizieq Shihab.

Kabar tersebut dibuat blog pemburu klik, petroxi.blogspot.com. Agar lebih meyakinkan, informasi itu dikemas dalam format berita situs-situs online. Judulnya berbunyi, Gerindra: Pak Prabowo Sudah Mengirim Utusan untuk Kepulangan Habib Rizieq Shihab.

Faktanya, isi berita yang ditulis blog tersebut mencuri dari portal news.detik.com. Versi aslinya berjudul Prabowo Diminta Pulangkan Habib Rizieq, Gerindra: Bukan Tugas Menhan. Berita itu sama sekali tidak menyebutkan bahwa Menhan Prabowo telah mengirim utusan untuk kepulagan HRS.

Ketua DPP Ahmad Riza Patria yang mewakili Partai Gerindra justru menegaskan, pemulangan HRS bukan tugas Kementerian Pertahanan. Menurut Riza, ada tiga kementerian yang memiliki tupoksi dalam menangani kasus tersebut. Yakni, Kementerian Luar Negeri, Kemenkum HAM, dan Kementerian Dalam Negeri. Anda dapat membaca beritanya di bit.ly/BukanTugasMenhan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c14/fat



Close Ads