alexametrics

Produsen Hoaks Kabarkan Jemaat Murtad Pakai Foto Seni Instalasi

27 Agustus 2020, 06:06:24 WIB

KABAR palsu yang disebar akun Facebook Sapra Nipil Khairi pada 19 Agustus lalu berpotensi mengadu domba umat beragama. Dia mengunggah foto pakaian yang diletakkan di kursi-kursi gereja. Foto itu kemudian diberi narasi bahwa gereja-gereja makin sepi dan telah ditinggalkan para jemaatnya.

”Alhamdulillah gereja semakin sepi yg tinggal cuma pakaian, org nya udh bertobat masuk islam terima yesus dan muhammad sbg nabi dan utusan allah.” Begitu keterangan yang ditulis pemilik akun Sapra Nipil Khairi (bit.ly/DitinggalDiKursi).

Foto tersebut memperlihatkan baju-baju pria dan wanita di setiap kursi di dalam sebuah gereja. Komentar netizen pun mengandung banyak persepsi yang mengarahkan pada isu SARA. Sayangnya, kabar aneh itu tidak menyertakan sumber berita.

Saat ditelusuri dengan situs padanan gambar, foto tersebut merupakan sebuah karya seni instalasi. Situs fubiz.net pernah mengunggah foto baju-baju di kursi gereja itu dari banyak sudut pengambilan gambar dengan judul 150 Instalasi Orang Tak Terlihat di Gereja. Penciptanya adalah kelompok seniman Kuba Los Carpinteros.

”Refleksi lucu tentang agama dan masyarakat, didekati dari sudut pandang artistik,” penggalan keterangan yang ditulis Fubiz. Anda dapat melihat foto dari berbagai angle itu di bit.ly/InstalasiSeniGereja.

Video tentang seni instalasi tersebut pernah diunggah kanal YouTube milik VernissageTV pada 18 Juni 2012. Karya itu ditampilkan dalam Art Parcours, sebuah proyek kesenian Basel, Swiss, yang mengundang pengunjung untuk menjelajahi kota melalui kesenian.

Situs pencari fakta asal India bangaloremirror.indiatimes.com juga mengulas informasi palsu tersebut. Kala itu foto yang sama digunakan untuk menyebar hoax tentang korban pengeboman di Sri Lanka. Menurut situs tersebut, klaim bahwa baju itu milik korban pengeboman gereja adalah salah. Foto tersebut adalah seni instalasi karya kelompok seniman Kuba Los Carpinteros yang dipamerkan di Art Basel 2012, Swiss.

FAKTA

Foto pakaian di kursi-kursi gereja itu merupakan seni instalasi karya kelompok seniman Kuba Los Carpinteros yang dipamerkan di Art Basel 2012, Swiss.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/fat



Close Ads