alexametrics

Cuma Mirip Wajah, Bukan Jack Ma Kecil

11 September 2020, 06:06:09 WIB

FOTO anak kecil yang memiliki wajah mirip Jack Ma menjadi perbincangan di media sosial beberapa hari terakhir. Salah satu pengunggahnya adalah akun Facebook Edyk T S. Foto itu diberi keterangan Jack Ma semasa kecil yang meniti hidup mulai dari nol hingga menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

”Dalam lingkaran merah jack ma saat masih kecil. Tidak ada yang menduga saat itu jack ma akan menjadi salah satu orang terkaya di dunia.” Begitu keterangan yang ada di dalam foto tersebut (bit.ly/JackMaKausKuning.)

Sekilas, anak kecil berkaus kuning lusuh itu memang mirip Jack Ma. Terlebih pada kesamaan bibir dan rambutnya. Beberapa unggahan lain malah menyertakan sejumlah foto Jack Ma muda disandingkan dengan Presiden Jokowi semasa muda yang sedang merintis usaha.

Sayangnya, klaim bahwa anak kecil itu adalah Jack Ma tidak disertai referensi yang jelas. Saat ditelusuri, foto itu ternyata pernah diunggah portal chinadaily.com.cn pada slide ke-5. Terbit pada 14 November 2016, foto itu melengkapi kisah seorang anak yang memang mirip Jack Ma, tetapi bukan Jack Ma.

Bocah itu bernama Fan Xiaoqin, berusia 8 tahun, dan tinggal di daerah Yongfeng, Provinsi Jiangxi, Tiongkok. Kondisi keluarganya memprihatinkan karena ibunya menderita poliomyelitis. Ayahnya kehilangan kakidan neneknya menderita penyakit Alzheimer, seperti pernah dilansir jxnews.com.cn.

Nah, karena merasa ada kesamaan nasib, Jack Ma yang asli telah mengumumkan akan mendukung secara finansial Fan Xiaoqin sampai dia lulus dari universitas. Anda bisa melihat foto dan membaca ulasannya di bit.ly/BukanJackMa.

Foto itu juga diulas berbagai portal media luar negeri. Tak hanya karena kemiripan wajah, tapi juga adanya kabar bahwa Jack Ma akan mendanai pendidikan Fan Xiaoqin. Portal straitstimes.com memberitakan, sang CEO Alibaba sempat terkejut atas kemiripan itu. ”Pertama melihat anak ini, saya pikir keluarga saya telah mengunggah foto masa kecil saya,” kata Ma.

Sementara itu, portal berita BBC pada 27 November 2020 menuliskan, Alibaba Group sempat membantah klaim tentang donasi Ma untuk membiayai pendidikan anak kecil tersebut. Pernyataan itu muncul sebagai respons atas pertanyaan wartawan.

”Semua pemberitaan tentang Jack Ma kecil jangan dianggap sebagai lelucon … membiayai pendidikan satu anak adalah perkara mudah, namun untuk membantu jutaan anak-anak miskin, diperlukan lebih banyak sumber daya.” Begitu keterangannya. Anda bisa melihatnya di bit.ly/FanXiaoqin.

FAKTA

Anak dengan wajah mirip Jack Ma itu bernama Fan Xiaoqin. Foto yang menyebar memperlihatkan sang bocah saat berusia 8 tahun bersama keluarganya yang miskin di Provinsi Jiangxi, Tiongkok.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c7/fat