alexametrics

Produsen Hoax Sebar Video Keliru tentang Cedera Gomes

7 November 2019, 19:54:21 WIB

JawaPos.com – Insiden cedera parah pesepak bola Andre Gomes langsung diikuti kabar palsu. Informasi yang beredar berupa video pendek. Tampak, hanya dengan pijatan tangan selama 18 detik, kaki kiri pesepak bola Everton itu bisa kembali lurus setelah patah. Mirip pengobatan sangkal putung. Video tersebut diunggah akun Twitter Daily AC Milan (perma.cc/CZ4S-QB2Q).

’’UPSETTING!! Take a look at #AndreGomes leg after the horrific injury for #Everton against #Tottenham,’’ tulis akun tersebut pada 4 November 2019.

Tak ayal, lebih dari 1.700 netizen yang tidak cermat langsung me-retweet unggahan tersebut dan menganggap video itu benar.

Jika disebut sebagai kaki Andre Gomes, tentu saja video itu sangat janggal. Sebab, pemain yang pernah merumput sebagai gelandang Barcelona tersebut mengalami dislokasi pada kaki kanan. Bahkan, Andre Gomes telah menjalani operasi pergelangan kaki pada Senin (4/11).

Sehari setelah operasi, pemain 26 tahun itu keluar dari rumah sakit dan melanjutkan rehabilitasi di bawah perawatan tim medis Everton. ’’Kami bersamanya dan kami selalu bersama,’’ kata Lucas Digne, pemain bertahan Everton. Anda bisa membacanya di sini.

Berdasar hasil penelusuran di Yandex.com, video yang diunggah akun Daily AC Milan itu banyak ditemui di YouTube. Salah satunya diunggah kanal Dr Pankaj Kumar pada 23 Juli 2019. Artinya, video tersebut ada sebelum insiden cederanya Andre Gomes. Anda dapat melihat video tersebut di sini.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c14/fat



Close Ads