alexametrics

Vlog di KTT G20 di Osaka, tapi Dinarasikan di Roma

4 November 2021, 05:48:00 WIB

KONFERENSI Tingkat Tinggi (KTT) G20, rupanya, dimanfaatkan produsen hoax untuk menyebar narasi yang tak sesuai. Misalnya, video yang diunggah akun Facebook Nurul Azizah di sebuah grup. Dia mencantumkan keterangan yang keliru untuk menyertai video tersebut.

”Momen Sri Mulyani Nge-vlog bareng Presiden Jokowi di KTT G20 Roma. Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri KTT G20 di Roma Italia. Hari ini, Minggu 31 Oktober 2021, Sri Mulyani dan Menkeu Italia Pimpin Joint Finance Health Task Force G20.” Begitu keterangannya (bit.ly/VlogMenkeuItalia).

Video berdurasi 59 detik itu memperlihatkan percakapan antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Presiden Jokowi. Mereka berbincang seputar agenda sidang. Termasuk membahas pertumbuhan ekonomi dunia dan perang dagang yang belum menemui titik terang.

Nah, jika melihat video pendek tersebut dengan jeli, tentu tak akan terkecoh. Sebab, rekaman video itu menunjukkan tahun 2019 pada background ruangan. Saat ditelusuri dengan situs padanan gambar, rupanya video itu tidak berkaitan dengan pertemuan KTT G20 di Roma, Italia, pada akhir Oktober. Melainkan kejadian di Osaka, Jepang, pada 2019.

Video serupa diunggah akun Instagram Sri Mulyani pada 29 Juni 2019. Keterangan akun Sri Mulyani itu menjelaskan bahwa vlog diambil pada hari kedua KTT G20 Leaders di Osaka, Jepang. Dalam pertemuan tersebut, sempat dibahas inequalities and realizing inclusive and sustainable world.

”Saya menyempatkan diri ngevlog dengan Presiden RI Joko Widodo @jokowi. Di samping itu, juga membahas pentingnya women empowerment. Sesuai dengan temanya, saya mengajak Presiden RI Joko Widodo @jokowi untuk foto bersama wanita yang hadir.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c14/jun




Close Ads