alexametrics
Request Hour 2019

Kenyataan yang Ternoda Jadi Lagu Terfavorit JKT48 Pilihan Penggemar

28 April 2019, 12:04:44 WIB

JawaPos.com – Grup idola JKT48 baru saja menyelesaikan pertunjukan Request Hour 2019 di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu (27/4) malam. Itu adalah pertunjukan yang digelar untuk menyanyikan 30 lagu terfavorit JKT48 pilihan penggemar. Untuk Request Hour 2019, lagu terfavorit jatuh pada Kenyataan yang Ternoda (Kegareteiru Shinjitsu) milik Tim T.

Show tersebut dimulai sejak Sabtu siang. Berbagi waktu karena, ada pertunjukan graduation ceremony Kapten JKT48 Shania Junianatha. Tepat pukul 19.00, pertunjukan untuk 10 besar lagu terfavorit pilihan penggemar dimulai. Tim KIII membukanya dengan lagu Top 10 yakni To be Continued.

Lagu-lagu yang masuk dalam 10 besar menggambarkan bahwa malam itu adalah milik penggemar JKT48. Sebab, lagu-lagu hits yang terpilih berasal dari pertunjukan teater. Kecuali tiga lagu yang dinyanyikan oleh tiga besar member hasil dari Pemilu JKT48 untuk single ke-20.

Hasil voting fans menempatkan lagu Pundak Kanan yang dinyanyikan Cindy Yuvia berada di urutan ke-5. Lantas, Bukan Alpukat yang dibawakan Shani Indira Natio dan Shania Gracia di posisi ke-4. Sedangkan lagu Relax! yang dibawakan Sinka Juliani, Natalia, dan Ratu Vienny Fitrilya berhasil menempati posisi ke-3.

’’Ini peringkatnya sama dengan hasil Senbatsu Sousenkyo (Pemilu ala JKT48) tahun lalu,’’ ujar Sinka dari atas panggung. Seperti yang diketahui, urutan peringkat hasil Pemilu ala JKT48 adalah Cindy Yuvia di puncak, lalu ada Shani Indira Natio di peringkat kedua, dan Sinka pada posisi tiga.

Cindy Hapsari, Feni Fitriyanti dan Michelle Christo saat membawakan lagu Berikan Cokelat dengan Bibir sebagai lagu terfavorit peringkat kedua di Request Hour 2019. (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Kejutan terjadi pada lagu peringkat pertama. Jika dari gelaran Request Hour JKT48 sejak 2016 selalu dipuncaki unit song, tidak pada malam itu. Lagu terfavorit justru jatuh pada lagu tim. Yakni, Kenyataan yang Ternoda milik Tim T. Itulah kenapa, member Tim T Jinan Safa Safira menganggapnya sebagai hal yang tidak biasa.

’’Menurut aku, susah (masuk peringkat pertama). Sebab, (di Request Hour) fans pasti ingin lihat oshi (member paling didukung) sendiri,’’ ujarnya.

Ucapan senada juga keluar dari Kapten Tim T Ayana Shahab. Dia mengatakan kalau unit song selalu menjadi terfavorit. Tapi, di tahun ini sepertinya fans ingin juga melihat Tim T membuktikan kemampuan dan kekompakan secara grup. Apalagi, dia dan teman-teman setim mendengar pendapat dari fans yang meragukan Tim T.

’’Tim T dianggap sebagai member paling muda. Pengalaman paling sedikit. Yang menggemaskan sehingga tidak diberikan lagu dengan banyak tarian. Ada yang membandingkan Tim KIII, apakah bisa Tim T membawakan lagu ini,’’ ungkap Ayana.

Dia berbicara seperti itu, karena lagu Kenyataan yang Ternoda memang rumit secara koreografi. Ayana juga bilang kalau saking sulitnya, latihan lagu itu sangat keras. Bahkan, harus diulang beberapa kali supaya member bisa kompak. ’’Kami sebanding dengan Tim KIII,’’ imbuhnya.

Dari kiri: Natalia, Sinka Juliani, dan Ratu Vienny Fitrilya menyanyikan lagu Relax! yang menjadi peringkat 3 pada Request Hour 2019, Sabtu (27/4). (Dhimas Ginanjar/Jawa Pos)

Adhisty Zara menambahkan, menjadi nomor satunya lagu Kenyataan yang Ternoda menunjukkan bahwa Tim T dan penggemarnya makin solid. Berkat dukungan fans, keraguan yang disuarakan pada mereka bisa dipatahkan. ’’Semoga Tim T setelah ini bisa lebih banyak (dapat lagu) seperti itu. Teater juga lebih banyak yang nonton. Kami akan terus berjuang,’’ kata Zara.

Daftar 30 lagu JKT48 terfavorit pilihan fans:

1. Kenyataan yang Ternoda
2. Berikan Cokelat dengan Bibir
3. Relax!
4. Bukan Alpukat
5. Pundak Kanan
6. Sampai Musim Semi Tiba
7. Dua Orang yang Terlarang
8. Seesaw Game Penuh Luka
9. Garis Diagonal Cinta Searah
10. To be Continued
11. Dirimu Melody
12. Pergi untuk Bertemu
13. Fan Letter
14. Love Trip
15. Hanya Padamu Chu! Chu! Chu!
16. Perbuatan Angin Malam
17. Berandalan di Surga
18. Glory Days
19. Sakura Kita Makan Bersama
20. Salah Dengar Rock
21. Only Today
22. Bersepeda Berdua
23. Lagu 18 Bersaudari
24. Si Bintang Jatuh yang Egois
25. Hari Pertama
26. 1! 2! 3! 4! Yoroshiku
27. Warna Cinta
28. Valentine Day Kiss
29. Saka Agari
30. Papan Penanda Isi Hati

Editor : Dhimas Ginanjar