Penelitian Ungkap Penyebab Kematian Bruce Lee karena Kelebihan Air

23 November 2022, 09:09:46 WIB

JawaPos.com – Bruce Lee yang merupakan aktor bela diri Hong Kong diketahui meninggal di usia muda. Bruce Lee menghembuskan napas terakhir di usia 32 tahun pada 20 Juli 1973 silam.

Aktor ahli seni beladiri yang sukses mempopulerkan kungfu lewat film ke seluruh dunia awalnya disebut meninggal diakibatkan hipersensitif terhadap obat. Sehingga mengakibatkan pembengkakan di dalam otak yang berujung koma dan Bruce Lee kemudian meninggal dunia.

Ini berdasarkan hasil penelitian forensik yang hasilnya keluar 9 hari usai kematiannya. Setelah hampir 50 tahun berlalu pasca kematiannya, muncul penelian terbaru mengungkapkan penyebab kematiannya. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa Bruce Lee meninggal dunia disebabkan ketidakmampuan ginjal dalam mengeluarkan kelebihan air.

Hasil penelitian itu dilakukan oleh sekelompok spesialis ginjal di Spanyol yang diterbitkan dalam Clinical Kidney Journal. Para penulis menegaskan bahwa Bruce Lee memiliki beberapa faktor risiko untuk hiponatremia. Yang berarti konsentrasi sodium jadi rendah dan tidak normal.

“Kami berhipotesis bahwa Bruce Lee meninggal karena bentuk khusus dari disfungsi ginjal: ketidakmampuan untuk mengeluarkan air yang cukup untuk mempertahankan homeostasis air. Hal ini dapat menyebabkan hiponatremia, edema serebral, dan kematian dalam beberapa jam jika kelebihan asupan air tidak diimbangi dengan ekskresi air dalam urin,” demikian hasil penelitian tersebut menyimpulkan, seperti dilansir dari Variety.

“Mengingat bahwa hiponatremia sering terjadi, seperti yang ditemukan pada 40 persen orang yang dirawat di rumah sakit dan dapat menyebabkan kematian akibat konsumsi air yang berlebihan bahkan pada orang muda yang sehat, diperlukan sosialisasi yang lebih luas tentang konsep asupan air yang berlebihan dapat membunuh,” lanjutnya.

Penyebab kematian Bruce Lee memang menuai banyak perdebatan dalam beberapa dekade. Dalam buku berjudul ‘Bruce Lee: A Life,’ muncul hipotesis dia meninggal karena kelelahan akibat panas. Akan tetapi penelitian baru-baru ini tidak menemukan adanya suhu sangat tinggi pada hari itu.

Ada juga yang beranggapan bahwe Bruce Lee memang sengaja dibunuh. Anggapan ini diyakini oleh para penggemarnya selama bertahun-tahun.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads