alexametrics

Usai Melahirkan, Alice Norin Masuk Ruang ICU Selama 2 Hari

16 September 2020, 17:47:36 WIB

JawaPos.com – Alice Norin mengatakan bahwa dirinya sempat dua hari masuk ke ruang ICU usai menjalani persalinan buah hati keduanya pada Rabu (9/9) lalu di Rumah Sakit Brawijaya. Dia harus masuk ke ruang ICU setelah sempat mengalami pendarahan hingga kehilangan darah sampai 3 liter.

Bintang film “Ketika Cinta Bertasbih” itu kehilangan darah yang cukup banyak setelah dilakukan tindakan operasi pengangkatan plasenta previa dan plasenta akreta yang berada di tubuhnya. Plasenta ini menutupi jalan lahir dan menempel di kantong kemih sehingga organ ini harus dikikis guna membersihkan plasentanya.

“Aku masuk ICU 2 hari, harus dikontrol semuanya. HB aku turun banget sampai 5,7. Efek ke badannya berasa banget karena darahnya banyak banget (yang keluar),” kata Alice Norin dalam jumpa pers virtual pada Rabu (16/9).

Meski sudah sekitar satu pekan berlalu usai persalinan, Alice Norin mengatakan proses recovery masih akan berjalan untuk beberapa waktu ke depan. Dia mengakui proses pemulihan membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat Alice Norin bukan sekadar menjalani persalinan namun juga melakukan pengangkatan plasenta.

“Ini recovery-nya agak lama beda sama caesar biasa. Kandung kemih aku kan dikikis pasti lebih lama (pemulihannya). Dokter menyarankan aku istirahat total dulu. Untuk aktivitas yang menggunakan fisik harus lebih pelan-pelan,” tuturnya.

Setelah dua hari di ruang ICU, dokter membolehkan Alice Norin berada di ruang biasa di rumah sakit. Dia mengaku bahagia sekali akhirnya bisa bertemu dengan buah hati keduanya dan bisa berkumpul dengan keluarga.

“Aku keluar ICU lega banget, happy banget. Di situ ngumpul ada kakaknya juga. Masa kritisnya ibaratnya sudah lewat dan aku sudah bisa sama anak-anak, sama keluarga. Di mindset aku ini masa recovery dan waktu aku untuk nyusuin,” tuturnya.

Alice Norin sempat 2,5 hari tidak bisa menyusui buah hatinya, Alana Naira Lawi, karena dokter tidak membolehkannya. Sebab dia diberikan antibiotik yang cukup keras saat proses persalinan berlangsung.

Anak kedua Alice Norin terlahir pada Rabu (9/9) di Rumah Sakit Brawijaya melalui persalinan caesar. Alana Naira Lawi terlahir dengan berat 2,7 kilogram dan panjang 46 centimeter.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Abdul Rahman




Close Ads