Kuliah di Usia 39 Tahun, Andika Kangen Band: Saya Ingin jadi Contoh

13 Agustus 2022, 12:44:35 WIB

JawaPos.com – Di tengah suksesnya Andika Mahesa sebagai musisi, ia tidak lantas menguburkan keinginannya untuk bisa melanjutkan pendidikan. Vokalis grup musik Kangen Band itu justru menunjukkan kepeduliannya pada ilmu pengetahuan dengan memilih lanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Andika Mahesa yang kini berusia 39 tahun melanjutkan kuliah di Universitas Terbuka (UT) Lampung. Hal itu diketahui dari unggahannya di Instagram pribadinya saat tengah menggunakan jas almamater berwarna kuning dari UT.

Saya ingin menjadi contoh bagaimana kemauan dan semangat bisa menghancurkan apapun penghalang untuk belajar,” tulis Andika Mahesa dalam keterangan foto.

Menurut lelaki yang kerap disebut Babang Tamvan, dia kuliah bertujuan untuk memperbaiki logika berpikir.

Kuliah bukan tentang menjadi pintar, bukan tentang berbangga dengan rentetan gelar lebih dari itu, ini tentang memperbaiki logika berfikir sekali lagi logika berfikir dan mengejawantahkannya dalam mengatasi persoalan hidup,” lanjut Andika Mahesa.

Sebelumnya dia sempat ikut kejar paket C atau persamaan sekolah tingkat SMA. Pada Juli 2022 lalu, Andika Mahesa dinyatakan lulus. Tak menyia-nyiakan waktu, dia pun langsung mendaftar di perguruan tinggi di daerah asalnya.

Andika memilih kampus yang lebih fleksibel dimana proses pembelajaran bisa dilakukan dari jarak jauh tidak perlu datang ke kampus dan mengikuti kelas seperti perkuliahan pada umumnya. Sebab dia tidak memiliki banyak waktu seiring sibuknya dia di panggung hiburan tanah air.

Saya dan banyak orang yang bernasib sama seperti saya, kami terkendala oleh tatap muka, terhalang dengan kehadiran fisik dikampus. Ingin menjadi mahasiswa dan meraih gelar sarjana tapi kami harus bekerja,“aku Andika.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini: