alexametrics

Sebelum Tutup Usia, Eddy Gombloh Tak Bisa Jalan Usai Terpapar Covid-19

5 Agustus 2022, 12:00:01 WIB

JawaPos.com – Meninggalnya aktor komedi senior Eddy Gombloh menyisakan kesedihan dan duka mendalam bagi keluarga. Namun istrinya, Martina, berusaha tegar dan tabah menghadapi cobaan ini.

Martina menganggap ini merupakan jalan terbaik dari Tuhan supaya suaminya tidak lagi merasakan kesakitan. Sebelum sang suami meninggal, kata Martina, Eddy Gombloh sudah cukup lama menderita penyakit jantung. Selama ini dia memang kerap keluar masuk rumah sakit.

“Dia menderita sakit sudah lama sekali, jantung. Dari jantung kemudian menyebar ke paru paru, ginjal, dan ke hati,” katanya dalam video Macul Channel di YouTube.

Dia juga mengatakan, Eddy Gombloh yang pernah berada di puncak karir di dunia hiburan tanah air pada tahun 80-an dan 90-an itu sempat terpapar Covid-19. Hal ini kemudian berakibat fatal pada kondisi kesehatannya.

“Dia lebih parah waktu kena Covid. Setelah kena Covid, langsung nggak bisa jalan,” jelas Martina.

Mewakili keluarga, Martina memohon maaf kepada para sahabat dan publik luas atas kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan Eddy Gombloh selama hidup di dunia.

“Mohon dibukakan maaf yang sebesar-besarnya untuk suami saya, bapak Eddy Gombloh,” pintanya.

Eddy Gombloh meninggal dunia pada Kamis (4/8) kemarin. Dia menghembuskan napas terakhir di RS Sardjito Jogjakarta sekitar pukul 12.30 WIB setelah cukup lama mengalami sakit jantung yang kemudian menyebar ke ginjal, hati, dan paru-paru.

Jenazahnya dibaringkan ke dalam peristirahatan terakhir di TPU Tegal Alur Cengkareng Jakarta Barat. Kendati meningggal di Jogja, Eddy Gombloh dimakamkan di Jakarta berdasar wasiat almarhum sebelum meninggal. Prosesi pemakaman dilaksanakan pada hari ini.

Eddy Gombloh merupakan aktor komedi hebat di dunia perfilman tanah air. Puncak popularitasnya pada tahun 1980-an dan 1990-an. Di era 80-an, honor yang didapatnya dari dunia perfilman pada saat itu sekitar Rp 2 juta. Angka itu sangat besar pada masa itu dimana uang 100 rupiah saja masih sangat berharga.

Sejak berkarir di dunia hiburan mulai tahun 70-an, Eddy Gombloh sudah membintangi banyak sekali judul film. Beberapa diantaranya adalah Djembatan Emas, Biang Kerok, Benyamin Brengsek, Inem Pelayan Sexy, Hujan Duit, GeEr – Gede Rasa, Kembang Semusim, dan masih banyak judul film lainnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini: