alexametrics

CEO Baru Bukalapak, Mantan Dirkeu Bukopin Gantikan Posisi Achmad Zaky

9 Desember 2019, 22:09:32 WIB

JawaPos.com – Para Pendiri Bukalapak secara resmi telah mengumumkan perubahan komposisi di level C-Suite terhitung efektif tanggal 6 Januari 2020. Hal ini dikatakan sebagai kelanjutan dari rencana jangka panjang perusahaan memasuki dekade kedua dan dalam rangka membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan.

Perubahan komposisi di level C-Suite meliputi suksesi peran Chief Executive Officer (CEO) dari Achmad Zaky, salah satu dari tiga pendiri Bukalapak, ke Rachmat Kaimuddin sebagai CEO baru. Rachmat diketahui sebagai mantan Direktur Keuangan Bank Bukopin.

Suksesi ini menyusul peran baru Achmad Zaky sebagai penasihat dan pendiri Bukalapak, Tech Startup Mentor, dan ketua pada yayasan Achmad Zaky yang segera didirikan. Ditemui JawaPos.com di Jakarta, Senin (9/12) malam, Rachmat mengatakan, ia berkomitmen meneruskan visi kepemimpinan sebelumnya yaitu memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

“Pertama kali saya mendengar kesempatan ini, saya enggak percaya. Saya kagum, orang yang identik dengan perusahaannya memikirkan suksesi. Ini kehormatan bagi saya,” katanya.

“Bukalapak sudah kuat dan besar. Saya ingin menjalankan dan meneruskan visinya Mas Zaky, supaya jadi perusahaan e-commerce yang makin baik dan jadi kebanggaan Indonesia,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Achmad Zaky mengatakan, ia percaya Rachmat merupakan sosok yang tepat berada dalam tim. “Di posisi yang tepat, dan datang pada waktu yang tepat,” terang Zaky.

Sebelum bergabung Bukalapak, Rachmat menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk sejak 2018. Sejak 2014, dia menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris untuk bank yang sama hingga ditunjuk sebagai Direktur.

Rachmat memulai karirnya sebagai Senior Associate di Boston Consulting Group. Dia juga pernah menjabat sebagai Managing Director PT Cardig Air Services, Chief Financial Officer PT Bosowa Corporindo, Managing Director PT Semen Bosowa Maros, Vice President Baring Private Equity Asia, dan Principal of Quvat.

Dengan perubahan ini, maka komposisi C-Suite baru Bukalapak terdiri dari:

Presiden dan Co-Founder: Fajrin Rasyid
Chief Executive Officer: Rachmat Kaimuddin
Chief Technical Officer (CTO) dan Co-Founder: Nugroho Herucahyono
Chief Operating Officer: Willix Halim
Chief Financial Officer: Natalia Firmansyah
Chief Strategy Officer: Teddy Oetomo
Chief of Talent: Bagus Harimawan

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads