alexametrics

Jokowi: 2020 adalah Tahun yang Sangat Sulit

22 Desember 2020, 11:06:14 WIB

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali menyampaikan tahun ini merupakan tahun yang sangat menantang. Tidak mudah bagi semua pihak termasuk pemerintah dalam menghadapi wabah pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh sendi kehidupan, termasuk perekonomian.

“Kita tahu bahwa tahun 2020 adalah tahun yang tidak mudah, tahun yang tidak gampang, sangat sulit karena adanya pandemi Covid-19,” ujarnya dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2021, Selasa (22/12).

Jokowi memaparkan, hal tersebut tecermin dari perekonomian nasional yang terjun bebas, bahkan sempat masuk ke jurang resesi. Meskipun pada kuartal I ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh positif 2,97 persen, namun pada kuartal II karena terkontraksi turun tajam menjadi minus 5,3 persen.

“Kemudian pada triwulan yang ketiga ekonomi kita tercatat mengalami perbaikan meskipun masih minus yaitu di -3,49 persen,” tambahnya.

Ia menyebut, pemerintah tetap secara terus berusaha agar perekonomian nasional kembali pulih. Pemerintah menyiapkan sederet kebijakan, dan bantuan perlindungan sosial untuk rakyat.

“Pada 2021 tentunya kebijakan yang baik pada 2020 akan terus kita lanjutkan, akan terus kita teruskan, terutama di bidang kesehatan untuk penanganan Covid-19 dan pemberian bantuan perlindungan sosial untuk rakyat,” tuturnya.

 

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads