alexametrics

Menteri ATR Sebut Bank Tanah Bikin Harga Lahan jadi Murah, Bahkan Rp 0

16 Oktober 2020, 19:45:41 WIB

JawaPos.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyatakan, akan membentuk badan baru, yaitu bank tanah. Dengan adanya bank tanah, masyarakat dapat membangun rumah di perkotaan dengan harga yang lebih murah. Bank tanah ini masuk dalam Undang-undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja di sektor pertanahan.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil menjelaskan, bank tanah akan mengelola tanah-tanah yang selama ini telantar atau tidak berpemilik menjadi milik negara. Sebagian dari tanah tersebut akan diperuntukkan perumahan rakyat.

“Bank tanah itu idenya untuk menyediakan tanah milik negara untuk digunakan untuk kepentingan sosial, perumahan rakyat, perhutanan, dan lain-lain,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (16/10).

Melalui pembentukan bank tanah, pemerintah bisa menyediakan lahan untuk perumahan atau perkantoran dengan harga yang lebih murah. “Bahkan kalau perlu Rp 0, karena itu tanah negara yang dikelola bank tanah, ataupun kalau bayar, bayar murah sekali,” tuturnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads