alexametrics

Wamendag: Tak perlu Mudik, Ini Pengganti Silaturahmi di Tengah Pandemi

11 Mei 2021, 20:31:07 WIB

JawaPos.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta masyarakat untuk mematuhi pelarangan mudik pada Lebaran tahun ini. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, masyarakat dapat mengganti cara yang biasa dilakukan pada hari raya Lebaran.

Menurutnya, masyarakat bisa membelikan bingkisan tanda mata kepada keluarga di kampung melalui marketplace dan berbagai jenis e-commerce lainnya.

“Ini pilihan yang yang tidak kita sukai mengingat mudik sudah jadi budaya kita. Tapi, demi kebaikan bersama kita tahan dulu agar tidak mudik. Sebagai gantinya, kita bisa berikan tanda mata dan bentuk silaturahmi ke keluarga melalui belanja online atau bentuk lainnya,” ujarnya dalam keterangannya, Selasa (11/5).

Apalagi, pemerintah saat ini memang sedang mendorong konsumsi melalui belanja online. Beberapa waktu lalu bahkan Pemerintah memberikan insentif sebesar Rp 500 miliar untuk perdagangan online. Dengan cara itu, diharapkan kegiatan ekonomi terus berjalan dengan tetap meminimalkan interaksi dan kerumunan di tempat-tempat perdagangan konvensional.

Jerry menyebut, silaturahmi pada momen Lebaran ini diharapkan juga tidak membuat kerumunan-kerumunan atau interaksi antarkota yang membuka peluang meningkatnya penderita Covid-19. Ia meminta masyarakat dapat berkaca dengan negara India dan seharusnya membuat Indonesia makin berhati-hati.

Dia mengaku, perdagangan online di Indonesia memang terus meningkat, apalagi pada masa pandemi Covid-19. Peningkatan bukan saja terjadi dalam aspek nominal tetapi juga pengguna dan varian produk yang dibeli. Selain itu, perdagangan online sudah makin meluas dan dilakukan oleh banyak sekali pelaku UMKM. Dengan menggalakkan belanja online di hari raya bisa membangkitkan ekonomi masyarakat juga.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads