alexametrics

Harga Sejumlah Bahan Pokok Meroket, Mendag Jamin Stok Aman

10 Juni 2022, 16:30:13 WIB

JawaPos.com – Curah hujan tinggi di beberapa daerah menjadi salah satu penyebab kenaikan sejumlah harga pangan. Hal itu dinilai mengganggu suplai dan distribusi beberapa komoditas bahan pokok. Kementerian Perdagangan pun mengutamakan untuk mengamankan stok bahan pokok.

“Diharapkan, harga segera turun seiring panen yang diperkirakan dilaksanakan dalam beberapa minggu ke depan. Pemerintah terus memastikan kecukupan stok barang kebutuhan pokok agar masyarakat mendapat harga yang terjangkau,” ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi Kamis (9/6).

Kemarin Mendag kembali meninjau implementasi sistem distribusi closed loop program minyak goreng curah rakyat. Distribusi dilakukan pelaku usaha jasa logistik dan eceran (PUJLE) dengan menggunakan aplikasi. Lutfi melihat pelaksanaan program tersebut di Pasar Ciputat, Tangerang Selatan.

“Melalui aplikasi teknologi digital, pemerintah memastikan distribusi minyak goreng curah dapat dikontrol. Konsumen yang akan membeli minyak goreng harus menunjukkan KTP dengan pembelian maksimal 2 liter per hari. Ini bertujuan memastikan program minyak goreng curah tepat sasaran,” ujar Lutfi.

Mendag menyebutkan, di Indonesia terdapat 17 ribu pasar rakyat. Artinya, dengan jumlah penjualan sebanyak 10 ribu titik, sistem closed loop sudah dapat menjangkau 65 persen pasar.

“Sasarannya, pasar dengan jumlah penduduk yang padat. Sehingga diharapkan konsumen akan mendapatkan minyak goreng curah sesuai harga eceran tertinggi (HET) di jarak kurang lebih 2–5 km. Proses distribusi diawasi dan dijaga melalui aplikasi teknologi untuk memastikan rakyat yang membutuhkan mendapat minyak goreng curah dengan harga terjangkau,” bebernya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (agf/c12/dio)

Saksikan video menarik berikut ini: