alexametrics
Dorong Kebangkitan Perekonomian Regional

Bank Indonesia Kembali Helat Festival Ekonomi Syariah 2020

6 Oktober 2020, 06:00:58 WIB

JawaPos.com – ISEF yang diinisiasi Bank Indonesia merupakan event ekonomi syariah terbesar di Indonesia. FESyar merupakan salah satu kegiatan penting di dalamnya. Untuk Regional Jawa, FESyar 2020 dihelat pada 5–10 Oktober 2020. Tema yang kali ini diusung adalah Akselerasi Peran Ekonomi Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Regional.

FESyar 2020 diawali dengan opening ceremony yang dibuka Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo, dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jatim Difi Ahmad Johansyah secara virtual, Senin (5/10).

Keseluruhan acara FESyar meliputi Syariah Forum, Syariah Fair, serta Business Matching yang terintegrasi dalam satu platform yang dapat diakses melalui tautan www.fesyarjawa.com. Penyelenggaraan Syariah Forum terdiri atas 8 seminar, 9 talkshow, serta 9 kegiatan business coaching dengan sistem webinar. Berbagai topik inspiratif dan implementatif diangkat pada FESyar kali ini. Termasuk mengundang narasumber berkompeten di bidangnya.

Kegiatan Syariah Forum diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta. Baik pada tataran konseptual, maupun mendorong pemahaman bisnis proses dan pengembangan ekonomi syariah secara praktikal serta konkret.

Syariah Fair kali ini juga dilakukan secara full virtual. Masyarakat dapat berpartisipasi lewat konsep pameran 3 dimensi yang termasuk di dalam www.fesyarjawa.com. Pengunjung pun dapat menjelajah dan mengunjungi booth-booth UMKM, lembaga asosiasi, serta penggiat ekonomi syariah regional Jawa layaknya pameran offline.

Realisasi konsep baru FESyar 2020 itu mendapat apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai tuan rumah. Apalagi, FESyar dianggap efektif menggerakkan aktivitas usaha dan ekonomi syariah di Jatim. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menuturkan bahwa pemerintah bersinergi dengan berbagai pihak untuk mendorong pemulihan ekonomi di tengah upaya mengatasi pandemi Covid-19.

Festival Ekonomi Syariah (FESyar) dihelat sebagai rangkaian kegiatan menuju Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF). (Foto: Bank Indonesia for JawaPos.com)

”Ini merupakan momentum untuk kembali menggairahkan geliat ekonomi syariah, baik di tingkat daerah maupun pusat. FESyar diharapkan dapat berdampak pada kinerja ekonomi dan keuangan syariah, baik secara regional maupun nasional yang dalam beberapa tahun terakhir ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan,’’ ungkap Khofifah.

Bank Indonesia juga menyiapkan ruang khusus untuk memfasilitasi pengunjung atau pembeli yang ingin business matching secara langsung dengan setiap UMKM yang berpartisipasi dalam pameran.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menyebutkan bahwa koordinasi dan sinergi erat antarinstitusi sangat penting untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Nilai-nilai dari keuangan ekonomi syariah, keseimbangan, keadilan, dan transparansi merupakan unsur penting yang menjadikan sektor itu lebih tahan terhadap krisis.

”Tentu, kita berharap bahwa ekonomi dan keuangan syariah kembali mampu hadir dan menawarkan solusi bagi ketahanan ekonomi nasional di masa pandemi ini,” ujar Dody.

Optimisme serupa diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jatim Difi Ahmad Johansyah. ’’Penyelenggaraan FESyar Jawa 2020 merupakan hasil kolaborasi bersama dari berbagai pihak yang mempunyai visi-misi dan komitmen bersama untuk mendorong kemajuan dan pengembangan ekonomi syariah yang tak hanya di Jawa, tapi juga di Indonesia. Kami berharap upaya yang telah dilakukan bisa menjadi inspirasi bagi kita semua,’’ papar Difi.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM




Close Ads