alexametrics
Tropis Kontemporer dalam Wujud Elora House

Fasad Tegas, Sirkulasi Udara Sehat

13 April 2021, 05:35:41 WIB

Merombak total hunian di kompleks perumahan agar tampil beda, Mahadiyanto dari Atelier Bertiga menghadirkan desain fasad yang ekspresif. Elora House mengutamakan kebutuhan ruang serta sirkulasi cahaya dan udara yang sehat.

PERMINTAAN klien terbilang simpel, ingin rumahnya seperti Gro-House yang juga karya Atelier Bertiga dengan fasad tinggi-ramping. Sebagai arsitek, Mahadiyanto senang karyanya menjadi inspirasi. Namun, dia tidak mau membikinkan rumah yang sama untuk klien yang berbeda. Prinsipnya, tiap karya harus punya ciri khas.

Dengan kebebasan yang diberikan kliennya, Mahadiyanto lebih leluasa menuangkan ide. Dia hanya perlu mengakomodasi kebutuhan ruang keluarga yang luas. Konsep tropis kontemporer dia tawarkan. ”Jadi, secara look kami buat kontemporer. Secara sistem, kami buat tropis,” ungkap dia kepada Jawa Pos. Konsep itu menyesuaikan berbagai hal. Terutama iklim dan cuaca.

Fasad Elora House merupakan salah satu bagian istimewa di rumah tersebut. Bagian itu secara tegas langsung menampilkan perbedaan Elora House dengan rumah-rumah di sekitarnya. ”Kesan hangat nan sederhana yang terlihat dari fasad utama,” jelasnya.

Fasad rumah yang berdiri di atas lahan 135 meter persegi itu memang tampil bold dengan penggunaan solid void brick sebagai ”kulit kedua”. Dibalut warna gelap dan desain unik, ada bagian yang melengkung seperempat lingkaran dan bagian atas yang runcing.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : syn/c14/nor

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads