Sabtu, 16 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Asian Games 2018

Enam Rumah Sakit Dipersiapkan, Ribuan Tenaga Dibutuhkan

| editor : 

Asian Games 2018

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meninjau venue pertandingan dan fasilitas penunjang di Jakabaring Sport City, Palembang, Kamis (7/12). (Alwi Alim/JawaPos.com)

JawaPos.com- Perhelatan Asian Games 2018 sudah di depan mata. Selain mempersiapkan infrastruktur, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) juga fokus mempersiapkan sarana prasarana kesehatan bagi atlet yang bakal bertanding.

Setidaknya enam Rumah Sakit (RS) dijadikan rujukan pesta olahraga terbesar di Benua Asia yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali tersebut.

“Enam RS ini yaitu RSMH, Charitas, Siloam, Siti Khodijah, Bari, AK Gani dan RS penunjang RSUD Provinsi yang akan operasional April,” kata Kasubdit Pelayanan Gawat Darurat Terpadu Kemenkes RI, Budi Silvana disela-sela workshop SDM Asian Games di Hotel Horizon Ultima, Kamis (7/12).

Pemilihan keenam RS tersebut tentu tanpa alasan. Selain sudah memiliki tenaga medis mumpuni, sarana dan prasarana yang dimiliki juga memadai. Terlebih keenam Rumah Sakit tersebut sudah terakreditasi paripurna.

"Selain urusan Rumah Sakit, kita juga menyiapkan tenaga medis dan non medis, dimana totalnya ada 1.400 untuk di Jakarta dan Palembang. Sumsel sendiri ada 700 orang," paparnya.

Keseluruhan tenaga tersebut, nantinya akan ditempatkan di stand pada venue Asian Games di Palembang.

Lebih lanjut, pihaknya akan membuat mini rumah sakit atau medical center dimana terdapat beragam fasilitas untuk keperluan kesehatan, mulai dari dokter yang merawat, beberapa peralatan medis seperti rontgen dan lain sebagainya. Hal tersebut guna menangani apabila nantinya ada atlet yang cidera dan segera membutuhkan pertolongan.

"Soal ambulance itu jelas, kami sudah menyiapkan untuk mobilisasi apabila dibutuhkan rujukan ke enam RS tersebut," pungkasnya.

(lim/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP