Rabu, 13 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Lifestyle

Solusi Islami Bagi Buah Hati yang Kecanduan Main Gadget

| editor : 

Game anak

Aplikasi Games Anak Sholeh (Rieska/JawaPos.com)

JawaPos.com - Kemajuan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan termasuk perkembangan anak. Era digital membuat anak terpapar bahaya konten negatif dari gadget. Anak menjadi kecanduan menonton video dan bermain game bersama teman.

Psikolog dan Direktur Mentari Anakku Firesta Farizal menjelaskan banyak efek positif yang didapatkan dari permainan atau game asalkan disesuaikan dengan perkembangan usia anak. Selain itu tak mengandung unsur SARA, memberikan edukasi serta melibatkan interaksi dengan orang tua.

"Sebab menghindarkan sama sekali juga enggak mungkin karena kita saat ini hidup di tengah gempuran teknologi. Asalkan batasan tetap harus diberikan," tegas Firesta dalam konferensi pers dan soft launching game edukasi "Game Anak Sholeh", Rabu (20/9).

Agate, sebagai pengembang game di Indonesia menyediakan aplikasi permainan berbasis edukasi dan hiburan. Game Anak Sholeh dikemas dengan cerita islam yang menghibur. Game ini dapat membantu orang tua dalam mengenalkan pendidikan dasar agama islam meliputi pengenalan huruf hijaiyah, doa harian, surat pendek, tutorial salat, kisah nabi dan rasul, serta pengetahuan islam lainnya.

Game ini juga membuat anak tak jenuh dengan variasi konten dan mini games edukatif. Ada beberapa karakter di dalamnya yakni Ali si bocah laki-laki yang periang dan teman-temannya yaitu Jana, Abro, Danis, serta Muza makhluk mirip kucing yang lucu.

Semua konten diatur dan dilengkapi dengan keamanan serta batasan bagi anak. Salah satunya dengan fitur Parent Apps yang terhubung dengan Game Anak Sholeh. Dalam waktu sebulan ini, game ini akan segera diluncurkan secara lengkap untuk buah hati tercinta.

"Melihat kenyataan di lingkungan terdekat di mana anak dan orang tua masing-masing sibuk dengan gadgetnya sendiri. Untuk itu kami menghadirkan solusi bagi orang tua sebagai jembatan memperkenalkan nilai-nilai islami," jelas co-Founder Agate, Wiradeva Arif Kristawarman.

Game ini diatur dengan batasan waktu sehingga maksimal hanya dimainkan 1 jam oleh anak setiap hari. Game Anak Sholeh nantinya akan mudah diunduh melalui PlayStore.

(ika/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP