alexametrics

Jangan Kuras Oli Mesin dengan Semprot Angin Kompresor

12 Februari 2020, 19:13:13 WIB

JawaPos.com – Sudah menjadi kebiasaan saat menguras oli mesin pada kendaraan roda dua tak jarang menggunakan alat bantu penyemprotan angin yang dihasilkan kompresor. Tujuannya meniriskan sisa oli di ruang mesin sebelum menuangkan oli yang baru.

Berharap sisa oli yang masih ada di dalam blok mesin bisa keluar lebih maksimal. Namun ternyata menyemprotkan angin yang dihasilkan kompresor tak disarankan. Pasalnya angin kompresor ternyata mengandung uap air, sehingga, saat angin disemprotkan ke dalam mesin justru akan berpotensi meninggalkan air di dalam mesin.

Karena menyemprotkan angin kompresor ke dalam mesin justru akan membuat kotoran di dalam mesin tidak bisa keluar terbawa oli. Melainkan justru menyebar dan bisa berdampak buruk pada komponen di dalam mesin. Biasanya berpotensi membuat serbuk kotoran yang seharusnya terbawa dengan oli bekas menyebar ke sela-sela mesin.

Ini akan berpengaruh pada kinerja oli dalam melakukan pelumasan komponen yang ada di dalam mesin saat di isi oli baru. Bila ada air masuk ke ruang mesin oli tak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Potensi beberapa komponen mengalami gesekan pun semakin tinggi.

Tak sedikit kendaraan yang mengalami kerusakan mesin meskipun ini jangka panjang. Sangat berbahayan apabila mesin mati ketika motor tengah dikendarai.

Sebaiknya saat melakukan penggantian oli mesin disarankan ditiriskan secara alami hingga tetesan terakhir, meskipun agak membutuhkan waktu namun ini lebih aman untuk keawetan mesin kendaraan Anda.

Editor : Eko Putra

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads