JawaPos Radar

Pengamat: Jawa Barat bakal Jadi Kunci Kemenangan di Pilpres 2019

12/09/2018, 11:19 WIB | Editor: Imam Solehudin
Pilpres 2019
Dua calon presiden yang bakal bertarung di Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto saling berpelukan ketika menyaksikan cabor Pencak Silat Asian Games 2018. Jawa Barat bakal menjadi medan pertempuran yang sengit buat keduanya (Ist/Jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Jawa Barat akan menjadi Provinsi istimewa dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019. Dengan total jumlah pemilih sekitar 32 juta jiwa dan mewakili 18,9 persen suara di Nasional, Jabar akan menjadi incaran para kandidat.

Hal tersebu diungkapkan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin.

"Yang pasti Jabar akan menjadi medan pertarungan Pilpres yang seru. Jabar merupakan lumbung suara bagi para kontestan. Karena jumlah pemilihnya terbesar dan terbanyak di Indonesia," tegas Ujang sebagaimana dilansir RMOL Jabar (Jawa Pos Grup), Rabu (12/9).

Menurut Ujang, ketika kandidat capres dan cawapres bisa memenangkan kontestasi Pilpres di Jabar, itu memberikan kepercayaan diri bagi para kandidat.

"Dan menang di Jabar menjadi gengsi tersendiri bagi para kontestan Pilpres. Jabar akan menjadi barometer kemenangan bagi para kandidat. Singkatnya bakal jadi kunci di Pilpres 2019," jelasnya.

Akan tetapi kata Ujang, karakter pemilih di Jabar itu bukan karakter pemilih yang loyal. Sehingga siapapun yang mampu mencuri hati rakyat, maka dialah pemenangnya.

"Dan pemilih di Jabar bukan pemilih yang loyal, selalu berubah pilihan. Dan siapa yang mampu mengambil hati warga Jabar dialah pemenangnya," pungkasnya.

(mam/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up