alexametrics

Sejumlah Pakar Pendidikan Unesa Ikut Terlibat Pembahasan RUU Sisdiknas

26 Maret 2022, 03:50:00 WIB

JawaPos.com- Undang-Undang Nomor (UU) 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) sudah menginjak usia 19 tahun. Kini, pemerintah bakal mervisi UU tersebut. Tujuannya, menyesuaikan kebutuhan dan kondisi pendidikan kekinian.

Rancangan Undang-Undang (RUU) Sisdiknas yang baru sudah memasuki tahap perumusan. Pembahasannya melibatkan stakeholder termasuk dari kalangan perguruan tinggi.

Kemarin (25/3), tergelar pertemuan antara Tim Perancangan Undang-Undang Badan Keahlian DPR RI dengan sejumlah pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Pertemuan tersebut bagian dari upaya melakukan uji konsep naskah akademik.

Dalam pertemuan itu, Tim Kerja Pengumpulan Data RUU Badan Keahlian DPR RI Ricko Wahyudi menyampaikan, pihaknya ingin mengumpulkan data dan menerima masukan dari pakar Unesa. Menurut dia, sebetulnya UU Sisdiknas 20/2003 masih relevan dan banyak aspek yang masih dipertahankan. Tapi, ada beberapa substansi yang membutuhkan penyesuaian dan penyempurnaan.

”Misalnya, definisi operator dan tenaga kependidikan, terkait usia wajib belajar, lalu dikonstruksi lagi soal standar nasional pendidikan hingga soal pendanaan pendidikan yang dirancang dari APBD dan APBN,” papar Ricko.

Selain penyempurnaan substansi dalam UU Sisdiknas yang lama, draf rumusan RUU tersebut juga memasukkan subtansi tambahan. Di antaranya, rencana induk atau peta jalan pendidikan. Harapannya, pendidikan nasional memiliki pakem yang kokoh dan kuat ke depannya. ”Jadi dalam kurun waktu tertentu tidak mudah berubah,” tambahnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : Retno Dyah

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads