alexametrics

20 Ribu Kasus Covid-19 Sehari, Menkes Ubah IGD RS jadi Ruang Isolasi

25 Juni 2021, 12:58:50 WIB

JawaPos.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengambil langkah cepat untuk menangani situasi ketersediaan tempat tidur (BOR) rumah sakit yang sudah kritis. Apalagi dalam sehari, Kamis (24/6), kasus Covid-19 naik hingga 20 ribuan kasus sehari.

Selain mengubah atau melakukan konversi 3 rumah sakit khusus Covid-19, pemerintah juga menyulap ruang-ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS menjadi ruang isolasi pasien.

“Pak Kapolri, Pak Panglima TNI, BNPB Gubernur selalu pastikan BOR cukup dan selalu mengikuti perkembangan kasus yang masuk,” pesan Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual, Jumat (25/6).

Dia menyampaikan, dalam sepekan terakhir pemerintah sudah mengambil beberapa keputusan. Di antaranya mengubah 3 RS besar pemerintah, yakni RS Fatmawati, RSPI Sulianti Saroso, dan RS Persahabatan untuk jadi 100 persen khusus RS Covid.

Ia memastikan selain tempat tidur rumah sakit sudah ditambah, jumlah tenaga kesehatan yang melayani juga lengkap. Ditambah dengan dokter-dokter berpengalaman.

“Nakes memadai. Dengan 3 konversi RS baru tersebut bisa melayani pasien yang sakit di DKI Jakarta. Diharapkan minggu ini konversi RS selesai sehingga bisa menambah untuk melayani rakyat Jakarta,” katanya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads