alexametrics

BMKG Prakirakan Cuaca Ekstrem Terjadi Sepekan ke Depan di Indonesia

25 Februari 2020, 19:07:44 WIB

JawaPos.com – Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, potensi hujan sedang hingga lebat akan terjadi pada 25 Februari sampai 1 Maret 2020. Cuaca ekstrem ini berpotensi akan terjadi sepekan ke depan di sejumlah wilayah Indonesia.

“Potensi hujan sedang hingga lebat dalam sepekan ke depan, berdasarkan hasil analisis perkembangan musim hujan dasarian II Februari 2020 dapat disampaikan bahwa 100 persen wilayah zona musim (ZOM) di Indonesia telah memasuki musim hujan, termasuk wilayah Jabodetabek,” kata Kepala BMKG Dwi Korita Karnawati di Gedung BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (25/2).

Dwi Korita menjelaskan, pihaknya telah melakukan rapat khusus dengan sejumlah kepala daerah, terkait penanganan cuaca ekstrem yang diperkirakan akan terjadi sepekan ke depan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Upaya lanjut dari penyampaian tersebut sudah ada langkah-langkah juga. Misalnya pengendalian pompa, juga upaya untuk penghijauan,” ucap Dwi Korita.

Dwi menyampaikan, wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Banten.

Kemudian, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BMKG, kata Dwi Korita, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada menghadapi cuaca eksrim yang akan terjadi sepekan ke depan. Karena dapat berdampak pada peristiwa alam yang enggan diinginkan. “Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati hati terdampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang pohon tumbang dan jalan licin,” tukasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads