alexametrics

Bisa Diandalkan, Sakti Wahyu Trenggono Gantikan Edhy Prabowo di KKP

22 Desember 2020, 23:13:35 WIB

JawaPos.com – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono mendapat promosi menjadi menteri kelautan dan perikanan dalam reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Sakti Wahyu Trenggono mengisi posisi yang ditinggalkan Edhy Prabowo akibat terseret kasus korupsi. Direktur IndoStrategi Research And Consulting Arif Nurul Imam menilai, penunjukan Sakti Wahyu Trenggono bukanlah pilihan main-main. Sebab, dia bukanlah orang baru di kabinet, yakni wamenhan.

“Masuknya Trenggono menjadi Menteri KKP saya kira karena kapasitas profesional. Dia dianggap layak menjadi Menteri KKP oleh presiden. Kecakapannya menjadi Wamenhan dan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sehingga bisa diandalkan (di KKP),” kata Arif kepada wartawan, Selasa (22/12).

Baca juga: Trenggono jadi Menteri KKP, Jubir Prabowo: Orang yang Tepat

Menurut Arif, Jokowi ingin menyelesaikan masalah di KKP dengan menunjuk tokoh nonparpol, seperti Trenggono. “Ada niatan Pak Jokowi untuk melakukan pembenahan KKP sehingga memilih dari profesional yang memiliki rekam jejak, ketimbang akomodasi murni hanya karena variabel politik,” imbuhnya.

Dengan kapasitas itu, Arif percaya Trenggono memiliki terobosan-terobosan, seperti membangun bisnis menara telekomunikasi dan industri pertahanan.

Baca juga: Harapan Dunia Usaha terhadap 6 Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju

“Kalau lihat rekam jejaknya dia pekerja keras, merintis dari bawah dan ini dibutuhkan untuk mengurus bahari Indonesia yang cukup luas. Kalau pengalamannya dari swasta, lazimnya bisa melakukan inovasi dan terobosan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Jokowi memperkenalkan enam menteri baru yang menduduki kabinet Indonesia Maju. Selasa sore (22/12) menyebut enam menteri baru. Yakni, Tri Rismaharini sebagai menteri sosial, Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk sebagai menteri agama, Budi Gunadi Sadikin (menteri kesehatan), Sakti Wahyu Trenggono (menteri kelautan dan perikanan), M Luthfi (menteri perdagangan), dan Sandiaga Uno (menteri pariwisata dan ekonomi kreatif).

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads