alexametrics

Menristek Bicara Soal Wujudkan Indonesia Maju 2045

19 Oktober 2020, 19:31:56 WIB

JawaPos.com – Pemerintah terus meyakini tercapainya Visi Indonesia 2045 yakni Indonesia akan bertransformasi menjadi salah satu negara maju di dunia. Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Ristek Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan langkah-langkahnya.

Menurutnya, hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah melakukan penelitian atau riset terkait kekuatan Indonesia untuk bersaing di masa mendatang. Semua persiapan harus dimatangkan.

“Kita punya visi 2045, kita ingin mewujudkan visi tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara maju, atau negara dengan pendapatan tinggi pada 2045. Riset jangka panjang kita harus inline (sejalan) dengan apa yang menjadi cita-cita dari bangsa Indonesia sendiri,” ungkapnya dalam webinar European Research Days Indonesia 2020, Senin (19/10).

Khususnya di infrastruktur, pemerintah akan terus membangun agar akses antarpulau terhubung dan bisa menopang perekonomian negara.

“Upaya kita adalah bagaimana mengubah paradigma pembangunan. Dari ekonomi yang berbasis SDA atau ekonomi yang berbasis pada efesiensi, berubah menjadi innovation driven economy (ekonomi berbasis inovasi),” tambahnya.

Selain infrastruktur, yang akan dikedepankan adalah inovasi SDA. Indonesia sendiri telah kuat akan hal itu. Dengan begitu, visi tersebut pun niscaya tercapai.

“Kalau dari sektor, saya melihat untuk kita bisa bersaing di masa depan, satu adalah sektor berbasis SDA. Jadi artinya SDA kita harus dibuat kegitan RnD (research and development), inovasi sehingga kita bisa membuat nilai tambah dan bisa berkompetisi,” terangnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads