alexametrics

RS Gunung Anyar Miliki Kapasitas 100 Bed

12 Januari 2022, 16:48:01 WIB

JawaPos.com – Rencana pembangunan rumah sakit baru bakal terealisasi tahun ini. Pemkot Surabaya menargetkan tahun ini pula rumah sakit itu bisa beroperasi. Rencananya, fasilitas kesehatan tersebut memiliki kapasitas 100 bed pasien.

Peningkatan akses pelayanan kesehatan terus ditingkatkan. Hal itu dicapai dengan pemerataan akses kesehatan kepada semua masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkot Surabaya membangun rumah sakit baru.

Rumah sakit tersebut berlokasi di kawasan Gunung Anyar. Terhubung langsung dengan akses Middle East Ring Road (MERR). Akses itu bakal memudahkan warga untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Nanik Sukristina menyatakan, kemampuan dua rumah sakit yang ada saat ini terbatas. Apalagi lokasinya terpaut jauh. ”Rumah sakit yang baru akan melayani warga di kawasan timur,’’ terangnya.

Dia mengatakan, rumah sakit itu masuk tipe C. Rumah sakit tipe tersebut menyediakan layanan hingga subspesialis. Namun, jumlahnya terbatas. Pelayanan subspesialis itu meliputi pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan anak, serta pelayanan kandungan.

Rumah sakit itu dipastikan bisa beroperasi tahun ini. Saat ini tahapan pengerjaan masih memasuki proses lelang. Rencananya akhir bulan ini sudah rampung. ”Rencananya, kapasitas rumah sakit memiliki 100 kamar pasien,’’ ucap mantan sekretaris Dinkes Surabaya itu.

Di Kota Surabaya total sudah ada 62 rumah sakit. Baik yang dikelola swasta maupun lembaga lain. Rasio akses ke rumah sakit per 1.000 penduduk adalah 0,0209.

Penambahan itu juga berkaitan dengan status universal health coverage (UHC) yang telah disandang Surabaya. Hampir seluruh warga Surabaya sudah ter-cover program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Keberadaan rumah sakit baru akan meningkatkan akses kesehatan masyarakat.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads