alexametrics

Tito Karnavian Imbau Masyarakat Ganti Masker Tiap 4 Jam Sekali

2 Juli 2021, 18:52:35 WIB

JawaPos.com – Pemerintah menetapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat khusus wilayah di Pulau Jawa dan Bali untuk menekan laju penularan virus Covid-19. Sejalan dengan itu, pemerintah juga telah membuat aturan lewat Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 15/2021 tentang PPKM Darurat Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali. Aturan ini diteken oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 2 Juli 2021.

Dalam aturan tersebut, Mendagri Tito Karnavian meminta masyarakat untuk menggunakan masker dua lapis dalam kegiatannya. “Saat ini penggunaan masker sebanyak dua lapis merupakan pilihan yang baik,” bunyi Inmendagri tersebut dikutip JawaPos.com, Jumat (2/7).

Masih merujuk aturan tersebut, masyarakat disarankan untuk mengganti masker setiap 4 jam sekali. Termasuk menyarankan masyarakat menggunakan masker bedah dan N95.

“Masker sebaiknya perlu diganti setelah digunakan lebih dari 4 jam,” katanya.

Dalam aturan itu masyarakat juga dianjurkan untuk mencuci tangan setelah menyentuh benda apapun. Sehingga bisa terhindar dari penularan Covid-19.

“Mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer secara berulang terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain, menyentuh daerah wajah dengan tangan perlu dihindari,” tulis Inmendagri tersebut.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads