alexametrics

”Wkwkwk Ywd”

Oleh EKA KURNIAWAN
27 Juni 2021, 18:40:47 WIB

Setiap petang sekelompok kecil semut akan menutup lubang sarang mereka dari luar. Mereka sendiri tentu saja tak bisa masuk, menghabiskan malam di luar sarang hingga mati. Sementara itu, kawan-kawan mereka bisa menghabiskan malam di dalam sarang dengan aman dan nyaman.

ITU terjadi pada sejenis semut Brasil, Forelius pusillus. Otak manusia di kepala saya kadang bertanya-tanya, apakah semut-semut penutup sarang ini tak merasa bahwa hidup tidak adil buat mereka? Kenapa ada sekelompok semut harus hidup lebih lama di atas kematian kelompok semut lain?

Kalau semut penutup lubang itu bisa bicara, mereka paling hanya akan berkata, ”Wkwkwk ywd.”

Seorang teman yang sedang giat menanam sayur hidroponik memperlihatkan tanaman bayam di kebunnya. Meskipun memperoleh pasokan air dan pupuk serta limpahan cahaya matahari yang nyaris sama, tanaman bayamnya memperlihatkan satu fenomena menarik. Ada bayam yang tumbuh cepat nyaris dua kali lebih tinggi dari saudara-saudaranya.

Boleh jadi si bayam yang tumbuh lebih cepat memang memiliki kualitas genetik yang lebih baik, yang bisa menyerap nutrisi dan cahaya matahari lebih efektif untuk pertumbuhannya.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads