Berisiko Kena Kuman, 5 Cara Berhenti dari Kebiasaan Gigit Kuku

24 Januari 2023, 05:47:16 WIB

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 mengajarkan seseorang betapa pentingnya mencuci tangan untuk mencegah penularan virus dan kuman. Sebab, bakteri di bawah kuku dan jari bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit, jika terkontaminasi ke mulut. Apalagi ada yang punya kebiasaan menggigit kuku.

Michael Shapiro, seorang dokter kulit pendiri Vanguard Dermatology di New York City mengatakan, segala yang terdapat di jari atau di bawah kuku bisa saja berupa sel kulit mati, kotoran, bakteri, kuman. Kuman penyakit bisa menempel di sana.

“Akibatnya, Anda membiarkan kuman itu masuk ke mulut dan berisiko sakit setiap kali menggigitnya,” kata Michael Shapiro seperti dilansir dari Science Times, Selasa (24/1).

Lantas, bagaimana cara menghentikan kebiasaan menggigit kuku?

Ada beragam cara Untuk berhenti dari kebiasaan menggigit jari membutuhkan waktu yang beragam. Sebuah studi di European Journal of Social Psychology menemukan bahwa untuk dapat menghentikan sebuah kebiasaan gigit jari memakan waktu dari 18 hingga 254 hari. Hal itu sangat tergantung pada individu masing-masing.

“Menghentikan kebiasaan berarti membangun kebiasaan baru,” kata Profesor Timothy Pychyl, seorang Associate Professor di Departemen Psikologi di Universitas Carleton.

Dia memperkirakan sebagian besar kebiasaan buruk tidak dapat dihilangkan dalam waktu kurang dari enam bulan. Kika ingin berhenti menggigit kuku, maka beberapa cara ini perlu diterapkan:

1. Ketahui Pemicunya

Beberapa orang mungkin menggigit kukunya karena tidak menyukai tampilan kuku yang bergerigi atau tidak rata. Orang lain mungkin menggigit kuku karena pemicu emosional, seperti kecemasan, stres, atau kebosanan.

2. Potong Kuku Anda

Jika kuku Anda tidak rata, maka ambil gunting kuku, pangkas kutikula, dan kikir kuku. Cara itu dapat mengatasi masalah ini tanpa harus menggigit. Selain itu, memiliki kuku yang lebih pendek membuat lebih sulit untuk digigit.

3. Buat Tangan Anda Sibuk

Saat merasa ingin menggigit, Anda bisa mencoba bermain ponsel atau kesibukan lainnya. Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba mengganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan yang lebih positif, seperti berlari atau memasak, yang akan mengalihkan perhatian dari menggigit kuku.

4. Pakai Cat Kuku

Mengoleskan cat kuku dengan rasa pahit adalah salah satu cara termudah untuk mencegah diri dari menggigit kuku. Anda tidak ingin terus menggigit karena rasa cat kuku beraroma bahan kimia yang pahi.

5. Rawat kuku

Dan selalu rajin mengunjungi salon kuku. Dengan begitu, kuku akan lebih terawat, dan Anda akan sayang jika menggigitnya karena perawatan yang dilakukan berbiaya mahal.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads