alexametrics

3 Kiat Atasi Masalah Jerawat Karena Sering Pakai Masker Kain

17 September 2020, 14:05:00 WIB

JawaPos.com – Masyarakat diwajibkan menggunakan masker untuk mencegah Covid-19. Tapi, penggunaan masker non-medis sekali pakai atau masker kain, memiliki konsekuensi pada kulit wajah. Sebab seseorang bisa berjam-jam memakai masker dan membuat kulit bermasalah bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Dilansir dari Bustle, Kamis (7/9), jerawat di masa pandemi akibat masker disebut dengan istilah maskne. Dengan kain menutupi wajah selama berjam-jam bisa memicu iritasi, kondensasi, dan kotoran. Tapi jangan khawatir, ada tips bagaimana menghindari jerawat saat memakai masker.

Dokter kulit yang berbasis di New York dan pendiri MMSkincare Dr. Ellen Marmur menjelaskan bahwa hampir setiap masker kain memiliki potensi untuk menghasilkan jerawat. “Beberapa masker bersifat abrasif pada kulit yang menyebabkan iritasi karena teksturnya yang kasar,” katanya.

Masker yang lebih lembut dapat menahan bakteri dan dapat menyebabkan kekeringan. Masker kain, yang dapat digunakan kembali, bisa memiliki residu dari deterjen cucian yang menyebabkan jerawat.

Tidak hanya itu, menghirup udara daur ulang bisa mengiritasi kulit Anda. “Menghirup kembali bakteri mulut ke kulit dapat menyebabkan kolonisasi jerawat dan bakteri atipikal pada kulit. Selain itu, keringat dan sebum akan meningkat karena berjam-jam memakai masker,” jelasnya

Ke depan, temukan solusi yang bisa Anda lakukan agar wajah tetap bersih dan sehat, meski harus memakai masker.

1. Sering Ganti Masker

Meskipun masker sekali pakai tampaknya merupakan pilihan yang tepat untuk mengurangi risiko penularan, tapi ingatlah bahwa mereka tidak dirancang untuk digunakan berulang kali. Setelah dipakai, Anda tidak boleh menyimpannya untuk dipakai lagi selama berminggu-minggu. Maka pilihlah masker wajah kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali. Rajinlah menggantinya setelah dipakai beberapa jam.

2. Cuci Muka dan Masker

Tidak dapat dipungkiri bahwa kotoran, minyak, dan kotoran akan menempel di bawah masker, terlepas dari seberapa bersihnya masker tersebut. Mulailah dengan memastikan kulit bersih dan lembap dengan baik sebelum mengenakan masker.

Dan di malam hari, cuci masker dengan sabun lembut dan air setiap malam. Selain itu, pastikan untuk meningkatkan rutinitas perawatan wajah setiap malam.

“Cuci wajah Anda dengan pembersih lembut sebelum dan sesudah menggunakan masker karena bakteri dan kelembapan dapat terbentuk saat Anda mengenakan masker dan menyebabkan jerawat,” kata Marmur.

3. Rawat Kulit Saat Tak Pakai Masker

Kulit yang bagus dimulai dengan kulit yang sehat. Rawat kulit Anda saat tak mengenakan masker dengan produk dan pelindung matahari yang bagus. Sekarang waktu yang tepat untuk menambahkan beberapa langkah ke dalam ritual perawatan kulit. Rajinlah cuci muka setiap hari untuk membersihkan tumpukan kotoran setelah seharian memakai masker.

“Anda juga dapat menggunakan perawatan menggunakan masker wajah dua kali seminggu,” kata Marmur.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads