alexametrics

Pebisnis Clothing Rambah Bidang Otomotif Demi Bertahan di Masa Pandemi

13 Juli 2021, 14:52:46 WIB

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia tidak dipungkiri membuat seluruh sektor ketar-ketir. Para pebisnis usaha kecil menengah (UKM) pun termasuk pihak-pihak yang keteteran dalam setahun belakangan.

Demi bisa bertahan hidup di masa pandemi yang penuh dengan ketidakpastian, para pegiat UKM dipaksa untuk berpikir dan bertindak kreatif. Beberapa dari mereka mengambil langkah cukup ekstrim, seperti menyambi usaha lain yang betul-betul bertolak belakang dengan bisnis utama mereka.

Clothing line RS31 yang berdomisili di Kedungkandang, Malang, Jawa Timur adalah salah satunya. Dikenal sebagai merek lokal pakaian anak muda yang menyediakan ukuran kecil hingga super big size, mereka kini mulai merambah ke dunia otomotif.

Dunia otomotif yang digeluti RS31 berkutat di bagian produk-produk kebutuhan kendaraan. “Produk otomotif ini juga kami ciptakan sendiri. Ada cairan pembersih kerak, semir ban, black magic, pembersih jamur kaca kendaraan, dan penghilang baret,” ujar owner RS31 Yusuf Rizki Arham.

Yusuf mengungkapkan, alasannya berkecimpung di bidang kebutuhan otomotif dilandasi oleh target marketnya yang punya kesesuaian. Menurut dia, ada kemiripan konsumen antara produk clothing RS31 dengan otomotif.

“Ada kesamaan audiens antara RS31 clothing dan otomotif, yaitu sama-sama untuk target pria usia 18 hingga 30 tahun. Itu yang kami coba kombinasikan,” kata Yusuf.

Langkah ini rupanya tidak sia-sia. Yusuf mengklaim, RS31 mengalami percepatan pertumbuhan yang sangat baik di masa pandemi.

“Jika sebelumnya omzet yang didapatkan dari produk fashion stagnan, produk otomotif keluaran RS31 dapat meningkatkan profit dua hingga lima kali lipat,” ujar Yusuf.

Di bidang cfashion, RS31 merupakan brand yang menjual beragam model fashion, seperti kaos, celana, kemeja, hingga jaket.

Awalnya, RS31 merupakan online shop yang menjual berbagai produk fashion musiman seperti celana jogger, chino, dan jeans di Instagram @rs31shophouse dan e-commerce Shopee dengan nama toko RS31shophouse. Produk-produk tersebut diambil dari pusat grosir yang berada di Surabaya dan Malang.

“Kami lalu memutuskan untuk membuat produk sendiri. RS31 pun mulai merancang ukuran pakaian yang lebih besar untuk kenyamanan pelanggannya,” ujar Yusuf.

Fokus dan unique selling point (USP) produk milik RS31 ada pada ukuran super big size-nya yang menggunakan ukuran standar internasional. RS31 juga menyediakan layanan kostum ukuran satuan untuk produk fashion yang dijualnya melalui website www.rs31shophouse.com.

Editor : Banu Adikara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads