alexametrics

Catat 4 Solusi Atasi Kesalahan Perawatan Rambut saat di Rumah

8 April 2020, 20:12:03 WIB

JawaPos.com – Perawatan kecantikan bisa dilakukan sendiri di rumah. Baik itu merawat kulit, rambut, wajah, dan lainnya. Tapi, karena bukan dilakukan oleh ahlinya atau tenaga profesional, pastinya Anda bisa melakukan kesalahan. Seperti melakukan kesalahan saat mencoba merawat atau mempercantik rambut di rumah.

Jangan panik. Pasti ada solusinya. Bereksperimen memang asyik dilakukan sendiri di rumah. Tapi memang tak menutup kemungkinan hasilnya tidak sesuai harapan alias gagal. Dari poni yang rusak dan tidak rata atau salah memilih warna rambut.

Bagaimana solusinya? Dilansir dari Pop Sugar, Rabu (8/4), lakukanlah 4 hal ini saat Anda melakukan kesalahan seperti rekomendasi penata rambut profesional.

1. Potong Poni Tak Rata

Memotong poni Anda sendiri bisa saja sulit. Tidak ingin poni terlalu panjang atau terlalu pendek. Jika Anda mencoba memotong poni sendiri di rumah tetapi hasilnya tidak merata, Penata Rambut
Frédéric Fekkai, merekomendasikan untuk hindari gunting dan menggunakan pisau cukur untuk memastikan panjangnya.

“Gunakan pisau cukur untuk melunakkan ujungnya dengan memutar beberapa potong dan dengan lembut memotong ujungnya,” kata Fekkai.

“Jika terlalu pendek, hal terbaik untuk dilakukan adalah mendorong poni ke samping menggunakan gel atau krim pemoles, sebelum nantinya bisa pergi ke salon untuk membuatnya lebih rapi,” jelasnya.

Ilustrasi salah bleaching rambut. (Pop Sugar/Getty/Antonio Saba)

2. Salah Warna Bleaching Rambut

Warna rambut terlalu terang, bisa diatur kok. Caranya dengan mengaplikasikan warna yang lebih gelap pada rambut.

“Tetapi berhati-hatilah agar tidak berakhir dengan masalah kebalikan dari menjadi terlalu gelap,” kata Praktisi Pewarnaan Rambut Jim Markham.

Anda juga dapat mencoba memperbaikinya dengan aplikasi kedua. “Biarkan warnanya hanya setengah dari waktu yang disarankan di,” katanya.

Jika Anda terlalu panik untuk mengaplikasikan pewarna rambut lagi, coba gunakan sampo warna untuk meningkatkan warna yang ada.

3. Salah Potong Rambut

Pertama, letakkan gunting dan lihat potongan awal. Untuk memperbaiki potongan rambut yang buruk, Anda hanya boleh menyentuh area yang membutuhkan bantuan, bukan seluruh rambut.

“Anda mungkin bisa menunjuk ke garis yang tidak rata dan meratakannya,” kata pakar rambut Sunnie Brook.

“Rambutmu tumbuh sekitar setengah inci sebulan sehingga dalam satu atau dua minggu, pasti nanti bisa menyesuaikan potongannya lagi,” jelasnya.

Dan siasa lainnya adalah cobalah beberapa penampilan baru seperti ombak atau ikal. Ini lebih bisa menyembunyikan kesalahan dalam potongan rambut yang salah.

4. Warna Rambut Terlalu Gelap

Warna rambut bisa jadi lebih gelap dari yang Anda inginkan. Ketika itu terjadi, penata rambut selebriti Ricardo Rojas merekomendasikan sampo untuk membantu melembutkan warna. “Sampo bisa mengangkat warna yang lebih gelap dan memudar serta mencerahkannya dengan cepat,” kata Rojas.

Anda juga dapat bereksperimen. Tipsnya, Anda dapat melakukan mencampurkan segelas air hangat dengan satu sendok makan garam dan sampo. Lalu tambahkan garam dan natrium laurel sulfat dikenal sebagai exfoliator sehingga akan menghilangkan warna dari rambut. Jika masih terlalu gelap, ia merekomendasikan untuk mengulangi proses sekali lagi.

“Dan jangan lupa memakai masker rambut yang memberi nutrisi,” jelasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads