alexametrics

Ahli Ungkap Manfaat Pakai Masker Dobel Untuk Cegah Covid-19

13 Januari 2021, 19:10:22 WIB

JawaPos.com – Pernahkah Anda melihat seseorang yang mengenakan masker sampai 2 buah? Ketika seseorang memakai masker dobel, apakah benar-benar bisa terhindar dari Covid-19? Menurut para ahli, jawabannya tergantung pada jenis masker yang ingin dikenakan dan bagaimana kesesuaiannya pada wajah.

Dilansir dari Science Times, Rabu (13/1), menurut ahli dan Professor of Epidemiology at the Columbia University Medical Center, Stephen Morse, pada Insider mengatakan, mengenakan masker baik satu atau dua masker sama-sama mengurangi risiko tertular Covid-19. Langkah-langkah lainnya juga penting seperti menjaga jarak. Tentunya dua masker lebih aman daripada satu jika masing-masing merupakan masker kain satu lapis.

Masker menutupi tetesan pernapasan besar yang menularkan virus saat seseorang bersin atau batuk. Masker juga dapat bertindak sebagai penghalang aerosol yang lebih kecil.

Baca Juga: Peneliti AS Sebut Salah Pilih Masker Lebih Berbahaya Tularkan Covid-19

Namun berbagai masker memiliki efektivitas yang berbeda. Paling baik adalah masker N-95.

“Pakai masker ganda akan memberikan keamanan tambahan jika Anda menggunakan dua masker kain satu lapis. Meski keduanya tidak se-protektif masker bedah,” kata Morse.

Sedangkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan pemakaian masker kain harus memiliki tiga lapisan. Salah satunya adalah lapisan dalam yang menyerap, lapisan tengah yang menyaring, dan lapisan luar yang terbuat dari bahan non-penyerap seperti poliester.

“Hidung dan mulut harus ditutup dengan masker yang pas, mencegah partikel bocor melalui lubang,” katanya.

Kesimpulannya, keamanan dari Covid-19 tidak mutlak meningkat dengan menggandakan masker. Namun tergantung bahan maskernya.

Masker kain katun lapis ganda bisa efektif 99,5 persen. Meski begitu, WHO tetap menekankan tak hanya masker tetapi juya pentingnya jaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads