alexametrics

Simak 5 Fakta Unik Seputar Nikotin dan Hubungannya dengan Kesehatan

9 Maret 2022, 07:23:04 WIB

JawaPos.com–Mendengar kata nikotin biasanya teringat dengan rokok dan menganggap zat tersebut bahaya untuk kesehatan. Nikotin ternyata menjadi bahan dalam vape atau rokok elektrik.

Berdasar hasil kajian ilmiah, nikotin ternyata memiliki beberapa fakta unik sesuai pandangan para ahli. Apa saja?

  1. Nikotin Bukan Pemicu Kanker

Mengutip dari laman resmi Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) dan Cancer Research UK menyebutkan nikotin tidak menyebabkan kanker. Bahan kimia beracun lain dalam rokok seperti Tar dan karbon monoksida yang justru merusak kesehatan.

Dosen Departemen Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) dan ahli toksikologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Shoim Hidayat menjelaskan, Tar merupakan residu yang dihasilkan dari proses pembakaran saat merokok. Proses pembakaran tersebut terjadi di suhu lebih dari 600 derajat Celcius. Saat asap rokok dihirup, Tar akan terpapar ke bagian dalam paru-paru.

”Kenapa bisa sakit kanker, jantung, dan paru-paru, salah satunya karena terpapar bahan-bahan toksik seperti Tar, senyawa karbon monoksida dan senyawa berpotensi bahaya lainnya,” kata Shoim Hidayat kepada wartawan, Selasa (8/3).

Fakta bahwa nikotin bukan penyebab utama berbagai penyakit turut diperkuat pandangan Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (US FDA). Menurut situs resmi FDA, nikotin membuat orang untuk tetap menggunakan produk tembakau, namun ribuan bahan kimia yang terkandung dalam asap rokok yang membuat penggunaan produk itu begitu berbahaya.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads