alexametrics

Cara Tepat Mengobati Herpes Zoster, Ruam Berisi Air Mirip Cacar

8 April 2021, 15:41:06 WIB

JawaPos.com – Herpes Zoster dikenal sebagai salah satu penyakit kulit. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang sangat berhubungan dengan daya tahan tubuh atau imunitas seseorang. Bila daya tahan tubuh kuat maka walaupun terpapar oleh virus, sel imun (Immunoglobulin) dapat memberikan pertahanan yang baik dan cukup untuk menghancurkan virus yang masuk. Sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin serta CEO Klinik Pramudia dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV mengatakan, apalagi di masa pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 1 tahun ini, secara umum orang cenderung mengalami penurunan daya tubuh akibat stres psikis serta kelelahan yang berkepanjangan. Maka perlu waspada dengan penyakit ini.

Gejala awalnya penyakit ini mirip cacar air. Gejala awalnya bersifat tidak spesifik, sebelum muncul tanda nyata pada kulit (ruam merah dan melenting berisi air) biasanya hanya berupa rasa lelah, sakit kepala dan lemas (disebut gejala pro-dormal) yang berlangsung selama 1-5 hari.

Baca Juga: Mirip Cacar, Ruam Lenting Isi Air Bisa Jadi Gejala Herpes Zoster

Bagaimana cara mengobatinya? Menurut dr. Anthony, pengobatan perlu dilakukan secara cepat dan tepat sesuai dengan dokter anjuran dokter.

Pada praktiknya, dr. Anthony menjelaskan terapi HZ dikenal dengan strategi 6A yakni Attract patient early (deteksi dini), Asses patient fully (menilai kondisi pasien secara lengkap), Antiviral therapy (obat anti virus), Analgetik (obat anti nyeri), Antidepressant/anticonvulsant (obat anti deperesi/kejang), dan Allay anxieties-counselling (informasi dan edukasi konseling). Selain 6A tersebut, diberikan terapi topikal (obat oles) dan terapi suportif, seperti istirahat yang cukup dan menjaga kebersihan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads