alexametrics

Mirip Cacar, Ruam Lenting Isi Air Bisa Jadi Gejala Herpes Zoster

8 April 2021, 15:09:04 WIB

JawaPos.com – Seseorang bisa mengalami berbagai jenis penyakit kulit salah satunya Herpes Zoster. Uniknya, penyakit ini memang mirip cacar air.

Salah satu dampak penyakit ini yang sangat mengganggu yaitu rasa nyeri berkepanjangan yang dikenal sebagai Neuralgia Pasca Herpes (NPH). Namun demikian, jika diobati secara cepat dan tepat, harapan kesembuhan HZ akan meningkat.

HZ juga dikenal sebagai shingles, cacar ular, atau cacar api, yaitu suatu sindrom khas yang disebabkan oleh reaktivasi virus varicella zoster (VZV). Virus ini merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Reaktivasi ini terjadi ketika kekebalan terhadap VZV menurun karena penuaan atau imunosupresi.

Baca Juga: Usia 50 Tahun ke Atas Waspada Herpes Zoster

“Saat virus HZ masuk kedalam tubuh manusia, virus tersebut berdiam di sistem saraf dan menetap di dalamnya, dan akhirnya aktif pada waktu yang tak terduga-duga,” kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin serta CEO Klinik Pramudia dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV.

Menurutnya, HZ terutama terjadi pada kelompok usia 45-64 tahun. Namun, saat ini tren kasus HZ cenderung terjadi pada usia yang lebih muda dan lebih sering terjadi pada perempuan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads