alexametrics

Penyakit Gonore yang Parah Bisa Picu Infeksi Bayi Hingga Kemandulan

6 Agustus 2020, 07:45:58 WIB

JawaPos.com – Kencing nanah atau gonore adalah salah satu jenis penyakit infeksi menular seksual. Gonore merupakan penyakit kelamin yang disebabkan infeksi bakteri infeksi Neisseria Gonorrhoeae. Lantas, apa saja bahaya dari penyakit gonore?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV, dari Klinik Pramudia mengatakan, jika infeksi GO dibiarkan, maka bisa mengganggu kondisi kesehatan. Seperti infeksi pada bayi saat mengandung dan melahirkan. Bahkan menyebabkan infertilitas atau kemandulan.

Sebagian besar perempuan hamil tidak menunjukkan gejala ketika ia mengalami tertular gonore. Sehingga agak sulit terdeteksi. Kalau pun ada, gejalanya bisa mirip seperti keluhan yang dapat terjadi dalam kehamilan biasa. Seperti keputihan, perdarahan, atau muncul bercak darah pada
vagina.

Perempuan hamil yang mengidap penyakit ini bahkan bisa langsung menginfeksi bayi mereka, khususnya ketika proses persalinan. Hal tersebut terjadi karena bayi bersentuhan langsung dengan sekresi genital dari ibunya.

“Infeksi gonokokus pada perempuan hamil yang tidak segera diobati banyak sekali dikaitkan dengan keguguran, kelahiran prematur dan berat lahir rendah, ketuban pecah dini, korioamnionitis, atau komplikasi kehamilan lainnya, sehingga bisa menginfeksi janin,” kata dr. Anthony.

Infertilitas atau kemandulan juga menjadi masalah lain yang sama berbahayanya. GO dapat
menginfeksi berbagai organ pada tubuh, khususnya pada saluran kemih.

Bakteri Neisseria gonorrhoeae menjadi salah satu bakteri patogen yang memengaruhi morbiditas saluran reproduksi. termasuk infertilitas faktor tuba dan penyakit radang panggul atau Pelvic Inflammatory Disease (PID).

PID dapat menyebabkan jaringan parut pada tuba falopi menghalangi jalur sel telur yang dikeluarkan dari ovarium, sehingga mencegah kehamilan alami dan menyebabkan infertilitas. Sedangkan pada pria, GO dapat menyebabkan tabung kecil melingkar di bagian belakang testis di mana saluran sperma berada (epididimis) menjadi meradang (epididimitis) sehingga menjadi infertil.

“Gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi besar, salah satunya adalah kemandulan (infertility). Gonore dapat menginfeksi berbagai organ pada tubuh seperti usus besar, mata, tenggorokan, hingga sendi. Namun, yang paling sering diserang adalah saluran kemih. Bila tidak diobati sampai tuntas, komplikasi bisa terjadi, salah satunya adalah kemandulan,” tegasnya.

“Penting bagi penyedia layanan kesehatan untuk mengidentifikasi infeksi secara akurat, mengobatinya dengan antibiotik yang efektif, dan menindaklanjutinya untuk memastikan bahwa infeksi telah sembuh,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads