JawaPos Radar

Diperiksa untuk Zumi Zola, Pimpinan Dewan Penuhi Panggilan KPK

12/07/2018, 09:55 WIB | Editor: Mochamad Nur
Diperiksa untuk Zumi Zola, Pimpinan Dewan Penuhi Panggilan KPK
Ketua DPRD Jambi Cornelis Buston (Dok.Jambi Ekspres/JPG)
Share this

JawaPos.com - Proses penyidikan kasus gratifikasi dengan tersangka Gubernur Jambi Nonaktif, Zumi Zola dan mantan Plt Kadis PUPR, Arpan, terus bergulir. Sejumlah unsur pimpinan, termasuk Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston diperiksa.

Pemeriksaan dilakukan di gedung lama Polda Jambi. Total ada 14 anggota dewan yang dimintai keterangannya. Cornelis Buston yang ditemui usai diperiksa mengakui jika ia diperiksa oleh penyidik KPK. Kata Dia, dirinya diperiksa sebagai saksi untuk Gubenur Jambi Nonaktif Zumi Zola dalam kasus gratifikasi.

“Iya, diperiksa KPK hari ini (kemarin,red) menyangkut masalah saksi Zumi Zola. Sebagai saksinya aja,” kata Politisi Partai Demokrat ini seperti dikutip Jambi Ekspres (Jawa Pos Group), Kamis (12/7).

Menurutnya, pemeriksaan berlangsung sejak pukul 11.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB. Pemeriksaan berlangsung di lantai II gedung Mapolda Jambi.

Dalam pemeriksaan ini, sambungnya, dirinya dicecar sekitar 30 pernyataan. Pertanyaan itu hanya sebagai pembaharuan dari pemeriksaan sebelumnya.

"Terus disuruh membaca lagi, kalau ada memang perubahan atau tidak. Ada beberapa hal yang ditanyakan lagi. Tidak banyak sih," bebernya.

Saat ditanya berapa banyak dari anggota dewan yang diperiksa kemarin, Dia menyebutkan semua unsur pimpinan DPRD Provinsi Jambi. "Pak Chumaidi Zaidi dan Pak AR Syahbandar, tadi sudah. Termasuk Supardi juga sudah hari ini," katanya.

Meskipun 4 terdakwa kasus suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi 2018 sudah divonis, kasus ini masih dianggap belum usai. Pasalnya, masih ada pihak lain yang dianggap terlibat dalam kasus ini.

Diantaranya, sejumlah anggota dewan yang terlibat dan menerima uang yang diberikan oleh terdakwa Erwan Malik, Arpan dan Saipudin.

(nas/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up