JawaPos Radar

Sambut Tahun Baru Islam, Siswa Madrasah Bergaya Ala Timur Tengah

11/09/2018, 04:05 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pawai Tahun Baru Islam
Siswa MAN 2 Pekanbaru, adakan pawai sambut tahun baru Islam. Pawai diadakan di sepanjang Jalan Diponegoro Pekanbaru, Riau, Senin (10/9). (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Tahun baru Islam 1 Muharram 1400 disambut gembira oleh ribuan siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pekanbaru, Riau. Mereka mengadakan kegiatan pawai dengan menunjukkan berbagai kreativitas, Senin (10/9).

Siswa madrasah ini mengadakan pawai dilengkapi dengan pakaian dan pernak-pernik ala Timur Tengah. Itu dilakukan untuk mengingatkan perjalanan Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah.

Mereka juga membuat replika unta yang dihias sedemikian rupa. Layaknya seperti unta di Timur Tengah. Unta merupakan kendaraan nabi saat menyelinap untuk sampai ke Madinah. Selain itu juga ada replika Kakbah. Replika ini mereka arak di sepanjang Jalan Diponegoro Pekanbaru, Riau.

Kepala MAN 2 Pekanbaru Norerlinda MPd mengatakan, pawai ini memang setiap tahun diadakan untuk sambut tahun Islam. Kegiatan ini hanya dilakukan oleh beberapa madrasah saja. "Juga dilakukan di MAN 1, madrasah lainnya sepertinya tidak ada," kata dia kepada wartawan.

Sambil mengarak replika itu, beberapa siswa lainnya juga membawa bunga yang telah dirangkai. Mereka menyanyikan lagu-lagu religi. 

Segala bentuk kreativitas siswa ini, akan dinilai nantinya oleh tim penilai yang telah dibentuk sekolah. Nantinya yang terbaik akan diberikan hadiah. "Lagi dinilai, hadiahnya beragam sesuai dengan tingkat kreativitasnya nanti," ujarnya.

Selain pawai, sekolah juga mengadakan lomba kaligrafi. Setiap kelas diminta mengutus perwakilannya untuk memeriahkan tahun baru ini. "Selanjutnya akan dilakukan tausiah serta salat dan doa bersama," ucapnya.

Yang lebih penting kata Linda, pihak sekolah juga menggelar khatam Alquran. Kegiatan ini digelar sebelum pawai dimulai, yang juga diikuti wali kelas masing-masing serta tenaga pengajar lainnya. "Tahun ini agak berbeda. Tahun lalu pawai dulu baru khatam, tahun ini sebaliknya," pungkasnya.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up