JawaPos Radar

Gerbang ERP Terpasang Dekat Kantor Jokowi

06/09/2018, 12:57 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Gerbang ERP Terpasang Dekat Kantor Jokowi
Gerbang ERP ketiga terpasang di dekat kantor Jokowi. (Issak Ramadhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Gerbang Electronic Road Pricing (ERP) terlihat berdiri di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, dekat Istana Negara atau tepatnya kantor Presiden Joko Widodo (Jokowi). Gerbang tersebut merupakan yang ketiga dipasang untuk uji coba pelaksanaan jalan berbayar itu.

Menurut seorang Pengamanan Dalam (Pamdal) Kemenko Polhukam Bambang Hermanto, gerbang ERP telah terpasang dua minggu sebelum Asian Games berlangsung. Namun dirinya tidak mengetahui pasti instansi yang memasangnya. "Sudah dua minggu sebelum Asian Games terpasang," kata Bambang kepada JawaPos.com, Kamis (6/9).

Berdasarkan pantauan JawaPos.com, tiang gerbang ERP di Jalan Medan Merdeka Barat terbuat dari besi setinggi kurang lebih lima meter. Gerbang membentang di jalan eksisting hingga jalur busway.

Gerbang ERP Terpasang Dekat Kantor Jokowi
Dinas Perhubungan DKI Jakarta memasang gerbang ERP di Jalan Medan Merdeka Barat untuk uji coba. (Issak Ramadhani/JawaPos.com)

Tiang tersebut juga dilengkapi dengan empat closed circuit television (CCTV) dan mesin penangkap on board unit (OBU). Di bagian sisi kiri atas terdapat logo Asian Games 2018.

Sementara itu, Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Pusat Harlem Simanjuntak membenarkan, gerbang ERP di Jalan Medan Merdeka Barat telah terpasang untuk uji coba. Namun untuk keterangan lebih lanjut dirinya menyerahkan kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Iya sudah terpasang sejak beberapa minggu lalu, lanjutnya tanya ke dinas. Karena untuk ERP kewenangan dinas," ucap Harlem.

Sebelumnya Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga telah melakukan uji coba ERP dan memasang dua gerbang di Jalan Sudirman dan Jalan Rasuna Said. Namun di kedua lokasi itu gerbang ERP di Jalan Sudirman sudah tidak terlihat lagi.

(ce1/dik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up