JawaPos Radar | Iklan Jitu

Cuaca Buruk, Transportasi Diimbau Hati-Hati

01 Agustus 2018, 09:49:59 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Gelombang Laut
Kondisi perairan di Kepri tidak stabil karena sering terjadi hujan disertai angin dan petir. (Bobi Bani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kondisi cuaca di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) kurang bersahabat. Masyarakat diimbau berhati-hati dalam memanfaatkan jalur transportasi. Baik laut, darat, dan udara.

Untuk Rabu (1/8) ini, cuaca diprakirakan berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Kondisi ini disebabkan adanya pola belokan angin (shearline) menyebabkan penumpukan massa udara yang mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif di wilayah Kepri.

"Untuk aktivitas transportasi darat, laut dan udara diimbau agar lebih berhati-hati," pesan Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam Nizam Mawardi.

Beberapa daerah berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Antara lain di wilayah Senayang, lingga, Lingga Utara, Selayar, Singkep Barat, Singkep. Kemudian di Kota Tanjung Pinang, Teluk Bintan, Jemaja, Jemaja Timur, Siantan Selatan, Siantan, Siantan Timur, Palmatak dan sekitarnya di kawasan Kabupaten Anambas.

Kondisi itu juga berlaku di wilayah Galang, Nongsa, Sei Beduk, Sagulung, Bulang, Batu Aji, Batam Kota, Sekupang, Lubuk Baja, dan Bengkong. "Beberapa daerah juga akan terjadi hujan angin dan disertai petir," kata Nizam.

Sementara gelombang laut setinggi dua meter di laut Natuna, bisa saja mengalami peningkatan signifikan karena cuaca yang berubah-ubah. Di daerah lain juga tidak menutup kemungkinan terjadi peningkatan gelombang laut.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up