alexametrics

Penataan Trotoar di Kemang Akan Dilengkapi Jalur Sepeda

25 Oktober 2019, 15:30:23 WIB

JawaPos.com – Pemprov DKI Jakarta telah melakukan penataan trotoar di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada 2019 ini. Penataan itu bisa terlihat saat Dinas Bina Marga DKI melakukan revitalisasi trotoar di sana. Upaya ini dilakukan untuk menciptakan Kemang sebagai pusat hiburan dan pusat jasa yang nyaman untuk dikunjungi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan dalam waktu dekat akan melakukan revitalisasi kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Kawasan Kemang, kata Anies, akan ditata seperti di Jalan MH Thamrin dan menjadi surganya pejalan kaki.

“Saat ini Kemang justru dikenal sebagai kawasan yang rawan macet dan tak ramah pejalan kaki. Terlebih lagi saat Sabtu dan Minggu. Padahal tempat ini berpotensi menjadi kawasan jalan-jalan dan kuliner,” tulis Anies di akun Instagramnya beberapa waktu lalu.

“Kita akan memprioritaskan pejalan kaki, bukan alih-alih melebarkan jalan untuk kendaraan pribadi,” imbuh Anies.

Anies menyebut, panjang trotoar yang akan ditata kurang lebih tujuh kilo meter dengan lebar rata-rata empat meter. Selain rekayasa lalulintas, akan disediakan park n ride dan shuttle bus yang mengelilingi Kemang sehingga pelancong bisa bebas berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa repot mencari tempat parkir.

“Kami telah menggelar audiensi dengan warga Kemang pada Februari lalu. Mereka antusias mendukung penataan ini dan kami mendapat banyak masukan dari warga Kemang. Mudah-mudahan tahun ini penataan trotoar di wilayah Kemang menjadi titik awal kegiatan strategis daerah di Jakarta dan menyusul ruas jalan lainnya di berbagai wilayah Jakarta,” papar Anies.

Sedangkan, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, menyampaikan, audiensi tersebut terkait dengan adanya penataan trotoar di wilayah Kemang. Melalui audiensi ini, diharapkan dapat menjadi titik awal kegiatan strategis daerah di Jakarta, dan dapat menampung aspirasi masyarakat.

“Mudah mudahan penataan trotoar di wilayah Kemang menjadi titik awal kegiatan strategis daerah di Jakarta, dan usulan-usulan yang diajukan dapat ditampung dengan baik,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merevitalisasi trotoar di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan. (Salman Toyibi/ Jawa Pos)

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, program penataan trotoar ini dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki maupun masyarakat disabilitas, yang melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Selain penataan trotoar untuk pejalan kaki, Hari melanjutkan, jalur untuk pesepeda dan kemudahan akses transportasi umum juga akan dibenahi. “Penataan trotoar ini dimaksudkan untuk kemudahan para pejalan kaki maupun disabilitas melakukan kegiatannya. Karena di Kemang ini akses untuk pedestrian masih minim,” ungkap lewat keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Kamis (24/10).

Kondisi trotoar di kawasan Kemang memprihatinkan di sejumlah titik. Di sana, trotoar seperti dibuat seadanya. Di sejumlah lokasi juga kondisi trotoar tampak rusak atau terhalang oleh gerobak pedagang. Bahkan, di sepanjang Jalan Kemang Raya, banyak banyak tiang reklame yang berdiri di atas trotoar.

Namun, beberapa titik sudah dilakukan pengerjaan revitalisasi trotoar. Pengerjaan itu dilakukan oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi. Seng-seng pembatas dari dekat McDonald sampai Kemang Raya sudah terpasang. Pekerja tampak sibuk melakukan penataan trotoar di sana. “Penataan trotoar ini untuk pejalan kaki dan akan dibuat jalur sepeda,” Manager Operasional PT Jaya Konstruksi, Ari Wibowo.

Sejumlah warga menyambut gembira rencana tersebut. Ditemui di kawasan Kemang, Michel, 35, mendukung langkah Pemprov DKI untuk menata kawasan itu. “Saya sangat mendukung ya. Apalagi kita lihat kawasan Sudirman-Thamrin sekarang sudah sangat baik. Trotoarnya luas, bahkan banyak orang menggunakan buat olahraga. Kalau di Kemang dibuat begitu, ya sangat bagus,” ujar Michel.

Ketua Perkumpulan Keluarga Kemang (PKK) Puri, menyatakan dukungannya terhadap rencana program pemerintah tersebut. Harapannya, masyarakat diberi kemudahan berbagai perizinan usaha di lokasi tersebut jika sudah selesai penataannya.

“Saya mewakili Perkumpulan Keluarga Kemang, mendukung semua program penataan trotoar ini. Namun saya berharap warga yang nantinya ingin membuka usaha diberikan kemudahan perizinan,” tandasnya.

Editor : Bintang Pradewo


Close Ads