alexametrics

India Ingatkan Munculnya Mutasi Covid-19 Delta Plus Lebih Menular

24 Juni 2021, 04:48:06 WIB

JawaPos.com – Covid-19 varian Delta dari India dikhawatirkan mengalami perubahan atau mutasi protein lonjakan tertentu. Mutasi itu dijuluki dengan varia Delta Plus. Pemerintah India mengkhawatirkan varian ini bisa merajalela.

Hal itu diumumkan pada Selasa (22/6) setelah para ilmuwan yang bekerja di sebuah konsorsium laboratorium pengurutan genom mengatakan kepada pemerintah bahwa mereka telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa varian baru lebih mudah menular. Hasil penelitian menunjukkan ada ikatan yang lebih kuat pada sel-sel paru-paru dan potensi resistensi terhadap pengobatan oleh antibodi monoklonal.

Setidaknya ada 22 kasus Covid-19 yang disebabkan oleh varian Delta Plus yang terdeteksi di India sejauh ini, tepatnya di Maharashtra, Kerala, dan Madhya Pradesh. Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India telah menyarankan negara-negara bagian tersebut untuk mengambil tindakan penahanan segera di distrik dan klaster dimana varian ini telah dilaporkan.

Langkah-langkah yang disarankan termasuk mencegah kerumunan dan percampuran orang, pengujian luas dan pelacakan segera serta vaksinasi luas. Pemerintah pusat telah memperingatkan negara-negara bagian tentang respons kesehatan masyarakat.

“Langkah-langkahnya sementara secara luas tetap sama seperti yang telah diterapkan oleh mereka sebelumnya, harus menjadi lebih fokus dan efektif,” kata seorang anggota kebijakan pemerintah dr. VK Paul.

Kementerian juga telah mengarahkan ketiga negara bagian untuk segera mengirim sampel yang memadai dari mereka yang dites positif ke laboratorium pemerintah untuk studi epidemiologi lebih lanjut. Varian baru yang disebut Delta dengan K417N ini telah ditemukan di beberapa negara lain, termasuk Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Nepal, Polandia, Portugal, Rusia, Swiss, dan Turki. Mayoritas dari kasus yang dilaporkan ini berasal dari AS, Inggris, dan Portugal.

Sejauh ini tidak ada data yang tersedia untuk umum tentang seberapa efektif vaksin yang saat ini digunakan di India terhadap varian Delta Plus. Pemerintah mengatakan akan membagikan informasi ini ketika tersedia.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads