JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pemerintah Irak Bawa Pulang Kembali 355 Warganya di Syria

23 September 2018, 18:05:59 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
ISIS, irak, syria,
Pemerintah Irak membawa pulang kembali 355 warga Irak yang telah melarikan diri dari Mosul, Irak Utara menuju Syria pada 2014 (Reuters)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Irak membawa pulang kembali 355 warga Irak yang telah melarikan diri dari Mosul, Irak Utara menuju Syria pada 2014. Warga Irak melarikan diri ke Syria saat negaranya dikuasai oleh teroris ISIS. Namun saat ini kondisi Irak lebih baik, ISIS telah diusir dari negara tersebut meski belum pulih sepenuhnya.

Seperti dilansir Anadolu, Minggu, (23/9), pejabat di Departemen Transportasi Irak Yacoub Salim mengatakan, sebanyak 355 orang Irak yang terlantar di Syria diangkut dari Kamp Al Hol di wilayah Syria melalui wilayah Rabia, Owainat, Mosul, dan kemudian ke pusat pengungsian di daerah Hamam Al Alil di provinsi Nineveh Irak utara. Ini merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah Irak bagi warganya.

Saat ISIS menguasai Irak, ratusan keluarga Irak melarikan diri dari Mosul. Banyak keluarga Irak yang hingga saat ini masih berada di Kamp Al Hol dekat perbatasan Irak dan Syria.

ISIS, irak, syria,
Warga Irak melarikan diri ke Syria saat negaranya dikuasai oleh teroris ISIS. Namun saat ini kondisi Irak lebih baik, ISIS telah diusir dari negara tersebut meski belum pulih sepenuhnya (Reuters)

Menurut data statistik resmi Irak, Sebanyak 5,5 juta orang yang mengungsi dari tujuh provinsi di Irak. Namun pada Maret lalu, sebanyak  3,1 juta pengungsi Irak di Syria telah kembali ke rumah mereka. Sebab kondisi di Irak sudah lebih stabil.

Para pejabat di Baghdad menyatakan, kehadiran dan kekuasaan ISIS  di Irak telah berakhir pada Desember lalu. Ini semua berkat upaya dan operasi militer untuk menghancurkan sel-sel ISIS yang didukung oleh aliansi internasional yang dipimpin AS. Namun Irak tetap tak boleh lengah dari perlawanan ISIS.

Militer Irak terus melakukan berbagai upaya untuk memeragi ISIS dan antek-anteknya yang sampai saat ini belum benar-benar mati. ISIS masih ada meskipun operasi mereka dilakukan sembunyi-sembunyi.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up