alexametrics

Kasus Penularan Covid-19 di Hotel Mewah Orchard Singapura jadi Misteri

3 April 2021, 08:31:57 WIB

JawaPos.com – Sudah tiga bulan lamanya kasus penularan Covid-19 di hotel mewah di kawasan Orchard Road Singapura belum terungkap penyebabnya. Awalnya penularan Covid-19 terjadi di dalam hotel yang merupakan pusat isolasi atau karantina mandiri.

Tiga bulan kemudian, para pejabat belum bisa memecahkan misteri di balik klaster 13 kasus Covid-19 yang muncul di hotel Mandarin Orchard Singapore pada akhir tahun lalu. Setelah dua minggu penyelidikan, dengan bantuan para ahli dari bidang lain, Kementerian Kesehatan Singapura belum bisa menjelaskan bagaimana virus itu menyebar di dalam kelompok ini. Selain pasangan yang terbang dari Inggris, yang lainnya tidak mengenal satu sama lain.

Mereka datang ke Singapura dari 10 tempat yang tersebar di Bahrain, Kanada, Indonesia, Myanmar, Belanda, Filipina, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat. Tapi entah bagaimana, mereka semua adalah bagian dari klaster Covid-19 yang sama. Urutan genetik dari virus penyebab infeksi terlalu mirip.

Baca juga: Restoran dan Gym di Orchard Road Singapura Dikunjungi Pasien Covid-19

Tidak ada yang didiagnosis tertular saat tiba di Singapura dan mereka semua menjalani isolasi rutin selama dua minggu di hotel. Setidaknya 12 dari mereka telah terinfeksi di hotel dan virus salah satunya transmisi dari luar negeri.

Hal itu karena tidak ada orang lain, staf hotel, atau tamu lain yang terinfeksi. Namun seluruh klaster memiliki virus yang sangat mirip secara genetik. Jadi, virus tersebut pasti dibawa oleh salah satu dari 13 orang yang berada dalam status stay-home notice (SHN) di hotel, dan menyebar ke yang lainnya. Pada 19 Desember 2020, setelah penyelidikan awal, kementerian mengumumkan bahwa diduga penularan terjadi di dalam hotel.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads