alexametrics

Bukan Foto Rumini Korban Semeru, tapi Akibat Letusan Gunung di Italia

10 Desember 2021, 05:48:19 WIB

KISAH almarhum Rumini yang memilih tak meninggalkan ibunya saat erupsi Gunung Semeru patut dijadikan renungan. Tapi, bukan sebagai bahan untuk menyebar kabar palsu. Seperti akun Facebook Kayla Tiara Ayunda yang membagikan blog foto dengan foto yang diklaim sebagai Rumini.

’’Kisah Haru Erupsi Semeru, Tak Rela Tinggalkan Sang Ibu yang Sudah Renta, Rumini Ditemukan Tewas Berpelukan di Rumahnya..Semoga Husnul Khatimah,Aamiin,’’ tulis akun tersebut kemarin (bit.ly/KlaimFotoRumini).

Posting-an yang menautkan sebuah blog kabarsatu.online tersebut menggunakan foto manusia yang berpelukan dan tertimbun pasir. Mereka tertutupi abu vulkanis. Klaim itu juga ditandai dengan lingkaran merah.

Saat blog tersebut dikunjungi, banyak ditemukan keanehan. Foto sebelumnya yang memperlihatkan tubuh tertimbun itu berubah menjadi foto hamparan pasir. Tak seperti foto yang menayangkan thumbnail gambar sebelumnya.

Teks berita dalam blog yang penuh iklan kecantikan itu dicomot dari portal pojoksatu.id dengan judul Rumini Tak Tega Tinggalkan Ibunya Yang Tua Saat Erupsi Semeru, Keduanya Ditemukan Meninggal Berpelukan. Fotonya pun berbeda dengan blog kabarsatu.online itu. Foto tersebut memperlihatkan dua korban yang tengah ditutupi kain beralaskan kantong serta kantong jenazah. Anda dapat melihatnya di bit.ly/FotoKondisiAkhir.

Lantas, dari mana asal foto itu? Berdasar penelusuran, foto tersebut diunggah oleh volcanodiscovery.com. Disebutkan, foto itu merupakan tubuh korban yang ditemukan di reruntuhan akibat meletusnya Gunung Vesuvius pada 79 Masehi.

Saat itu, banyak penduduk yang memutuskan tetap tinggal di Kota Pompeii, mencoba berlindung dari jatuhnya abu vulkanis. Saat aliran piroklastik pertama menyerbu kota, korban yang tersisa seketika tewas. Tubuh mereka terbungkus abu tebal dan endapan batu apung yang meninggalkan lubang pori-pori.

Berdasar informasi, Pompeii merupakan salah satu kota tua yang terletak 23 kilometer dari Napoli, Italia. Jadi, jelas foto itu bukan Rumini, yang diketahui meninggal saat erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12). Selengkapnya, Anda dapat membacanya di bit.ly/BukanRumini.

FAKTA

Foto thumbnail yang memperlihatkan manusia tertimbun abu vulkanis itu terjadi di Kota Pompeii, Italia. Bukan kejadian akibat letusan Gunung Semeru.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c18/jun

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads